Kompas TV regional berita daerah

Melasti, Rangkaian Pujawali Pura Pasek Punduk Dawa

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 13:18 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Pengempon Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana ring Pundukdawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, melaksanakan upacara melasti ke Segara Goa Lawah. Iringan-iringan pemelastian dengan berjalan kali menuju Segara Goa Lawah, diiringi oleh pengempon pasikian Dulang Mangap, Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR).

Ketua panitia karya piodalan, Nyoman Putra Suarjana menerangkan, piodalan yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali pada Pemacekan Agung atau Soma Kliwon Kuningan dilaksanakan sampai Redite Umanis Langkir, 13-19 Juni 2022. Namun, khusus untuk Melasti baru bisa dilaksanakan tahun ini setelah diberikan kelonggaran oleh pemerintah, karena sudah dua tahun tidak melasti ke segara. Rangkaian upacara piodalan tahun ini, diawali dengan melaspas bale pamiosan, perantenan miwah wantilan pada 5 Juni lalu, yang dilanjutkan dengan melasti dan piodalan hingga ngaturang bakti penganyar dari seluruh kabupaten kota se Bali

Sementara Ketua pengempon pura, mengajak semeton untuk melaksanakan catur swadarmaning kepasekan, salah satunya dengan bakti kepada ida bhatara kawitan.

Pelaksanaan nyejer karya selama 7 hari, mulai Senin (13/6) hingga penyineban pada Redite Umanis Langkir 19 juni 2022.

 

 

 

#upacarapiodalan #puraratupasek #pundukdawa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x