Kompas TV regional berita daerah

Pawai Pesta Kesenian Bali Ke-44

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Pawai Pesta Kesenian Bali ke-44 dibuka Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, dan Menteri Pariwisata, serta Gubernur Bali, pada Minggu (12/6) sore. Mendagri menyampaikan apresiasi Presiden RI terhadap Gubernur Bali, dan seluruh masyarakat atas digelarnya Pawai Pesta Kesenian Bali secara langsung pasca pandemi Covid- 19. Terlaksananya pawai PKB tahun 2022 ini juga melihat kondisi pandemi Covid - 19 di Bali yang terkendali, serta tingkat vaksinasi tinggi. Selanjutnya Mendagri juga menekankan tentang masih pentingnya protokol kesehatan situasi tertentu seperti di dalam ruangan dan keramaian, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pawai Pesta Kesenian Bali ke - 44 diawali dengan tarian Siwanataraja yang dibawakan oleh ISI Denpasar. Pawai Pesta Kesenian Bali ke - 44 berlangsung meriah, dengan menampilkan 24 kontingen peed aya atau pawai yang membawakan garapan bertema Pemuliaan Terhadap Air, sesuai tema Pesta Kesenian Bali ke - 44 yakni Danu Kerthi Huluning Amreta, Pawai diawali dengan penampilan 9 kabupaten kota di Bali, BUMN, perguruan tinggi, hingga perwakilan SMK di Bali.

Setelah Tarian Siwanataraja, penampilan dari Kabupaten Buleleng yang menampilkan sejarah Yeh Ketupat. Dilanjutkan dengan Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, dengan tradisi Gebug Ende yang bertujuan memohon hujan. Selain itu, ada pula Kabupaten Tabanan dengan musik Okokan yang menjadi ciri khas, Kabupaten Bangli dengan tradisi petirtaan, Kabupaten Gianyar dengan tradisi Mendak Tirta.

Kabupaten Klungkung dengan pementasan tentang Tukad Unda sebagai tempat mengalirkan air yang bermanfaat bagi warga hingga pertanian. Hingga penampilan Kota Denpasar dengan tradisi Nunas Tirta Penembak yang biasa dilakukan saat acara ngaben. Selanjutnya, juga tampil perwakilan BUMN, universitas hingga perwakilan SMK. Pawai Pesta Kesenian Bali ke - 44 disambut antusias warga, ratusan warga memadati area pawai.

Pawai PKB berlangsung kurang lebih selama 3 jam sukses memukau para penonton yang hadir.

 

 

 

 

 

 

#pestakesenianbalike44 #pawaipkbke44 #monumenbajrasandhi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x