Kompas TV regional peristiwa

Bentrokan yang Tewaskan 1 Warga di Lanny Jaya Papua Dipicu Salah Paham saat Bakar Batu

Kompas.tv - 11 Juni 2022, 06:19 WIB
bentrokan-yang-tewaskan-1-warga-di-lanny-jaya-papua-dipicu-salah-paham-saat-bakar-batu
Bentrokan yang menyebabkan seorang warga tewas di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, dipicu oleh salah paham saat upacara bakar batu. (Sumber: Polda Papua via Tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Bentrokan yang menyebabkan seorang warga tewas di Kabupaten Lanny Jaya, Papua pada Kamis (9/6/2022), dipicu oleh salah paham saat upacara bakar batu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan hal itu, Jumat (10/6/2022).

"Awalnya kedua kelompok atas dan kelompok bawah ini bersama-sama melakukan acara bakar batu,” kata Kamal dalam siaran pers yang diterima Tribun-Papua.com.

“Namun terjadi kesalahpahaman sehingga terjadi aksi saling serang menggunakan batu dan kayu."

Baca Juga: Tukang Ojek Tewas Diserang KST Di Kabupaten Puncak Papua

Akibat bentrokan yang terjadi di depan Kantor Bupati Lanny Jaya pada Kamis tersebut, seorang warga bernama Otopinus Morip (39), tewas.

Sementara 12 orang lainnya mengalami luka ringan, dua orang luka berat dan satu Honai terbakar. Padahal, acara ini juga disertai ibadah syukur.

Aparat gabungan TNI-Polri yang berada di lokasi langsung merespons dengan mengeluarkan tembakan peringatan, untuk menghalau massa yang melancarkan lemparan.

Massa sempat mundur dan keluar dari gerbang Kantor Bupati Lanny Jaya.

Namun aksi saling lempar terus berlanjut hingga ke bundaran depan Hotel Nawi Abua Tiom dan Bank BPD cabang Tiom.

Melihat situasi tersebut, Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom dan Kapolres setempat turun ke lokasi untuk menenangkan kedua pihak bertikai.

"Kedua kelompok ini akhirnya tenang setelah dimediasi oleh Kapolres Lanny Jaya, bersama mantan bupati Lanny Jaya dan tokoh agama yang ada di sana," kata Kamal.

Baca Juga: Mahasiswa Papua Dan Ormas Terlibat Bentrok

"Empat kaca jendela Hotel Nawi Abua juga pecah dan satu unit kendaraan roda empat milik Kapolsek Makki juga mengalami kerusakan akibat lemparan batu," tutur Kamal.

Saat ini, situasi di Lanny Jaya telah kondusif. Kedua belah pihak sudah kembali ke kampung masing-masing. Penyelesaian masalah tersebut telah digelar Jumat kemarin.



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x