Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Warga Desa Tumbu, Karangasem, Alami Gejala Chikungunya

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 14:29 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Sebelumnya ratusan warga di Banjar Dinas Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Karangasem, mengalami gejala chikungunya. Dimana gejala didominasi badan, khususnya kaki terasa nyeri, panas tinggi, serta mengalami kelumpuhan sementara. Untuk memastikan hal itu, petugas Puskesmas Karangasem langsung melakukan pendataan terkait warga yang mengalami gejala tersebut. Mereka juga melakukan pengecekan ke lokasi dengan pemeriksaan sarang jentik nyamuk di tempat penampungan air.

Petugas belum bisa memastikan jumlah warga yang terjangkit, maupun penyakit yang menyebabkan warga mengalami lumpuh sementara. Karena sebagian banyak warga memilih berobat ke dokter pribadi, maupun dirawat mandiri di rumah dari pada di rawat di puskesmas setempat. Sehingga pihak petugas tidak bisa melakukan pengecekan secara detail.

Sementara itu Kepala Puskesmas Karangasem mengatakan, belum bisa dipastikan karena warga tidak ada yang berobat ke puskesmas maupun ke rumah sakit. Mereka malah cenderung ke dokter pribadi, sehingga tidak ada laporan ke pemerintah.

Dari hasil sementara, ada sekitar 200 warga yang diduga diserang penyakit chikungunya. Karena itu warga berharap, agar dinas terkait segera melakukan fogging.

 

 

 

 

 

#chikungunya #desatumbu #karangasem

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x