Kompas TV regional berita daerah

KPK Bentuk Desa Anti Korupsi di Pakkatto Gowa

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 13:51 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Komisi pemberantasan korupsi (KPK) membentuk desa percontohan antikorupsi di 10 provinsi seluruh indonesia. Dalam pembentukan tersebut desa banyubiru di kabupaten semarang jawa tengah didapuk sebagai salah satu desa terpilih.

Komisi pemberantasan korupsi membentuk desa percontohan anti korupsi di 10 provinsi di seluruh indonesia. Gubernur jawa tengah ganjar pranowo mengatakan sebanyak 7.808 desa lainnya di jawa tengah akan menyusul. Ganjar mencanangkan seluruh desa di jawa tengah  terbebas dari korupsi dan akan menjadi pionir atau percontohan untuk desa lainnya di indonesia. Hal ini disampikan ganjar pranowo saar menghadiri kegiatan pembentukan desa anti korupsi di desa pakatto kabupaten gowa sulawesi selatan.

Ganjar pranowo mengaku telah berkoordinasi dengan kpk untuk mewujudkan desa antikorupsi di seluruh wilayah jawa tengah. Nantinya kpk akan melakukan pendampingan ke perangkat desa. Selain itu ganjar juga meminta jajarannya di desa mengikuti bimbingan teknis. Ganjar juga berharap agar hal tersebut digencarkan dalam rangka memanfaatkan dana desa untuk pembangunan berkelanjutan.

"bagaimana menyiapkan daerah untuk bisa berintegritas transparan akuntabel menggunakan keuangan negara ini atau bantuan keuangan dana desa dengan baik" pungkasnya. Termasuk tadi pak menteri desa juga menyampaikan pembangunannya semuanya mesti tahu. Semua mesti tahu itu perlu bimtek" ungkap ganjar pranowo, gubernur jawa tengah

Sementara itu ketua kpk firli bahuri menjelaskan dalam kurun waktu 2015 sampai 2021 kemarin kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi telah mengucurkan 4005 triliun untuk pembangunan di desa.

"sejak tahun 2015 sampai 2021 setidaknya 4005 triliun anggaran pendapatan negara dikucurkan kepada desa. Tahun 2021 yang lalu 685 triliun. Sampai hari ini tidak kurang dari 468 triliun negara pemerintah negara yang bersumber dari apbn dikucurkan ke desa" pungkas firli bahuri, ketua kpk ri

Namun demikian firli menyebut sampai saat ini terdapat sekitar 601 kasus korupsi dana desa yang melibatkan 686 kades dan perangkat desa. Firli berharap kedepannya kasus korupsi di desa tidak ada lagi.

Dalam kegiatan ini desa banyubiru kabupaten semarang di jateng terpilih menjadi salah satu desa percontohan antikorupsi versi kpk. Desa banyubiru terpilih bersama sejumlah desa di 9 provinsi lainnya.

#desaantikorupsi
#KPK
#desapakkatto



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x