Kompas TV regional berita daerah

Polisi Tutup Sekretariat Khilafatul Muslimin di Solo

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 10:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Polresta Solo Kamis (9/6/2022) siang, mendatangi Sekretariat Khilafatul Muslimin Um’ul Quro Solo Kota yang berada di wilayah Karangasem Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Dengan membawa surat tugas penyitaan, polisi yang datang dengan ketua RW setempat menemui pemilik rumah yang digunakan untuk sekretariat.

Dalam kesempatan itu polisi menyita sejumlah barang, seperti spanduk dan kalender bertuliskan Khilafatul Muslimin. Polisi juga melepaskan plang papan nama dari Khilafatul Muslimin yang terpasang di depan rumah. Polisi juga akan melakukan pemeriksaan kepada para pengurus Khilafatul Muslimin Solo.

"Kita telah menyerahkan surat panggilan klarifikasi, dalam rangka penyelidikan terhadap lima orang pengurus Khilafatul Muslimin Um’ul Quro Surakarta. Untuk kita mintai klarifikasi, keterangannya seputar aktivitas kelompok ataupun organisasi Khilafatul Muslimin ini," ungkap Kombes Ade Safri Simanjuntak, Kapolresta Solo.

Sementara itu, menurut Anung Sapto Hartono, Ketua RW setempat, kegiatan dan penggunaan sekretariat tersebut sejak awal memang tidak berizin. Namun, warga terutama jamaah masjid setempat selalu melakukan pengawasan kegiatan di sekretariat tersebut.

"Selama ini tidak kita tutup, tetapi jamaah masjid tetap terus mengawasi semua kegiatan," ujar Anung.

Kegiatan di lokasi ini memang rutin dilakukan, namun, hanya sebatas pengajian saja. Pesertanya mayoritas warga luar wilayah, dan hanya pemilik rumah saja yang merupakan warga setempat. Walau tidak mengganggu warga, namun penutupan sekretariat ini dimaksudkan  untuk menjaga kondusifitas.

#solo #polrestasolo #khilafatulmuslimin

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x