Kompas TV regional berita daerah

Harga Umbi Porang Anjlok, Petani Di Madiun Resah

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 19:08 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Harga jual umbi porang di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, kini mengalami penurunan drastis. Kini umbi porang dihargai Rp. 2.200 perkilogramnya. Akibatnya, petani mulai cemas dan khawatir merugi, akibat penurunan harga yang terjadi.

Umbi porang yang sebelumnya menjadi primadona para petani di Kabupaten Madiun, kini mengalami penurunan harga yang cukup drastis. Petani porang kini mulai merasa resah dan cemas, khawatir jika kondisi ini terus terjadi berkepanjangan, mereka akan menelan kerugian.

Salah satu petani yang merasakan penurunan harga adalah Triyono, Warga Sumberbendo, Kecamatan Saradan. Menurutnya, umbi porang ditahun 2020 sampai 2021 lalu berada di harga 14 hingga 15 ribu rupiah, kini turun berkala menjadi dua ribu dua ratus rupiah perkilogram.

Sementara, umbi porang yang telah dirajang menjadi chip kering, yang semula 68 ribu rupiah perkilogram, turun menjadi 22 ribu rupiah perkilogramnya. Harga yang terus turun tak hayal membuat petani menjadi resah dan terbayang bayang akan merugi. Bahkan akan balik modal saja mereka sudah merasa bersyukur.

Jika kondisi ini terus berlangsung, sebagai solusi petani mengaku akan beralih menanam tanaman lain berupa palawija. Mereka hanya berharap adanya campur tangan dari pemerintah, agar harga umbi porang kembali normal seperti semula.

#beritamadiun

#porang

#porangmadiun

#hargaporang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x