Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Persiapan Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 12:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - SD Negeri Sambiroto 02, Semarang, Jawa Tengah, melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, puluhan guru, siswa - siswi, perwakilan wali murid beserta Babinsa, Perangkat Kelurahan Sambiroto dan Kecamatan Tembalang melaksanakan deklarasi kesiapan sekolah untuk mengikuti lomba Adiwiyata, yang digelar di halaman SD Sambiroto 02, Semarang.

Selain melakukan pembersihan lingkungan sekolah dari sampah, juga dilakukan penataan taman. Pihak sekolah juga menggelar pemilihan siswa - siswi duta adiwiyata, untuk memberikan contoh pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekolah, kepada siswa siswi lainnya seperti yang disampaikan oleh kepala sekolah SDN Sambiroto 02, Kuntari Endah Sahrini.

"Tujuan kegiatan ini adalah memberi pendidikan tentang lingkungan hidup bagi warga dan anak-anak SDN sambiroto 02," ujar Endah.

Selain menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan nyaman, pihak sekolah juga melakukan penanaman pohon peneduh, buah-buahan hingga empon empon. Selain itu juga dilakukan daur ulang limbah sampah menjadi kerajinan.

Kegiatan lomba Sekolah Adiwiyata merupakan gagasan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk sekolah dengan konsep green school, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sehingga tercipta suasana sekolah yang nyaman dan sehat.

#sdnsambiroto02 #sekolahadiwiyata #kementerianlingkunganhidup



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x