Kompas TV regional berita daerah

Crazy Rich Kampung Bangun Jalan Senilai Ratusan Juta

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 18:25 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - Jalan desa sempit dan rusak selama bertahun-tahun tak kunjung ada perbaikan, menggugah seorang pengusaha ayam di Ponorogo, Jawa Timur rela merogoh kocek pribadi hingga 400 juta lebih untuk biaya perbaikan. Ratusan warga pun antusias bekerja bakti membangun akses utama jalur ekonomi ini.

Jalan sepanjang 1,2 kilometer lebih di Dusun Ngadiro, Desa Pintu, Kecamatan Jenangan Ponorogo ini, selama bertahun-tahun sempit dan rusak nyaris tak pernah ada perbaikan.

Meski setiap tahun diusulkan perbaikan, namun beberapa kali ganti pemerintahan tetap tak ada pembangunan. Jalan hanya selebar 2 meter setengah, diapit selokan dan persawahan yang rawan kecelakaan.

Prihatin dengan ini, seorang pengusaha ayam desa setempat, Hananto, terketuk dan rela merogoh kantong pribadinya, mencapai 420 juta rupiah untuk pembangunan jalan. Selain dilebarkan menjadi 5 meter lebih, jalan ini juga akan diaspal hotmix dengan biaya pribadi.

Warga setempat pun antusias dengan kepedulian crazy rich kampung ini. Apalagi, jalur ini selain rawan kecelakaan, juga menjadi akses utama menghubungkan Desa Pintu dan Desa Ngrupit.

Ratusan warga setempat selain bekerja bakti, juga rela bergotong royong menyediakan makanan dan minuman untuk pembangunan. Jalan lebih dulu dicor dan dilebarkan, kemudian diaspal.

Pembangunan jalan dengan dana pribadi ini dilakukan, selain karena perihatin kondisi jalan, sekaligus untuk mengetuk pemerintah, agar lebih peduli dengan fasilitas dan infrastruktur, utamanya jalan. Apalagi, hingga kini, kerusakan jalan di Ponorogo semakin parah.

#beritaponorogo
#crazyrich
#crazyrichponorogo
#jalanrusak

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x