Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Kopi di Toko Kopi Tertua di Kota Semarang

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 13:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Suara roasting kopi terdengar saat memasuki Dharma Boutique Roastery, yang terletak di Jalan Wotgandul Barat No 14, Kranggan, Kota Semarang.  Ya, inilah aktivitas sehari - hari yang ada di toko kopi tertua di Kota Semarang yang usianya lebih dari satu abad.

Aneka ragam biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia terpampang dalam toples kaca yang disusun secara berjajar. Diantaranya kopi Ijen Bondowoso, kopi Kerinci, kopi Aceh Bourbon, kopi Gayo, Bajawa, Manglayang, Ciwidey, Kintamani dan daerah lain di Indonesia.

Konsumen yang datang ke toko kopi ini dapat mencicipi seduhan kopi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli jenis biji kopi yang menjadi pilihannya. Secangkir kopi seduhan manual bisa dinikmati mulai dari Rp 19.000, tergantung jenis biji kopi yang dipilih. 

Widayat Basuki, pemilik toko kopi ini menjelaskan, tempat usahanya ini bukanlah warung kopi, namun tempatnya menjual aneka biji kopi yang ada di seluruh Nusantara. Dengan mengusung konsep showroom, konsumen bisa mencicipi langsung terlebih dahulu agar biji kopi yang akan dibeli sesuai dengan harapannya.

"Kami jual kopi macam - macam, berbagai jenis dari Sabang sampai Merauke. Atau dari Ijen Sampai Toraja. Seluruh Indonesia kami ada jenis - jenisnya, kopinya macam - macam," ujar Widayat Basuki Dharmowiyono, pemilik Dharma Boutique Roastery.

Bertempat di rumah tua bergaya indische dengan halaman yang rimbun dan asri, membuat konsumen merasa betah. Tehas, salah satu pelanggan toko kopi mengaku, sangat menikmati suasana di toko kopi ini.

"Ya unik seperti rumah nenek, semua kopi yang ada di sini kita dikasih tahu dari mana asalnya," kata Tehas.

Dharma Boutique Roastery awalnya bernama Margo Redjo yang merupakan pabrik kopi yang didirikan pada tahun 1915 oleh kakek Basuki, yang bernama Tan Tiong Le. Pabrik kopi ini berdampingan dengan rumah utama yang kini sudah menjadi cagar budaya.

Salah satu elemen yang masih terus dipertahankan hingga saat ini dan juga sekaligus menjadi ciri khas toko kopi ini adalah alat roastingnya yang masih menggunakan alat roasting manual.

Nah, bagi anda penikmat kopi asli Indonesia, apabila anda berada di Kota Semarang tidak ada salahnya jika anda mampir ke toko kopi unik yang satu ini.

#kopi #semarang #dharmaboutiqueroastery

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x