Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif, Sungai Kotor di Klaten Diubah Menjadi Tempat Wisata

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 17:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Bagong Margono, warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengubah Sungai Genjikan, Klaten dengan kondisi sungai yang kotor menjadi sungai yang bersih dan cantik dengan biaya sendiri.

Enam tahun lalu, Sungai Genjikan di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, adalah sungai dengan kondisi kotor dan penuh sampah. Namun, pemandangan berbeda ketika melihat Sungai Genjikan saat ini. Kini Sungai Genjikan menjadi bersih, cantik dan dipenuhi ikan.

Mengubah sungai genjikan menjadi tempat yang menyenangkan adalah ide dari Bagong Margono. Langkah membersihkan sungai sepanjang 300 meter ini dimulai oleh Bagong dengan membagikan puluhan gerobak sampah kepada warga dan digunakan untuk membawa sampah yang terkumpul ke tempat pembuangan sampah. Hal ini membuat warga berhenti membuang sampah ke sungai.

Awalnya, Bagong tidak pernah menghitung biaya yang sudah ia keluarkan untuk mempercantik sungai genjikan. Ternyata, untuk membenahi sungai tersebut Bagong telah menghabiskan Rp 2,7 miliar. Oleh warga sekitar, tempat ini akhirnya diberi nama Watergong, alias air Pak Bagong.

"Saya mempunyai ide, sungai yang kotor ini berawal dari saya peduli lingkungan. Berawal dari saya diberitahu orangtua, bahwa membersihkan lingkungan akan bermanfaat bagi saya," kata Bagong.

Watergong saat ini menjadi tempat wisata. Pengunjung bisa menikmati suasana sungai yang bersih dan cantik yang berisi ribuan ikan sembari menikmati aneka kuliner.

"Sangat menyenangkan dan asik bisa bermain dengan ikan. Sangat bersih juga," kata Dewi Suryanti, pengunjung.

 Untuk bisa menikmati suasana Watergong, warga harus membeli secangkir makanan ikan seharga Rp 10.000 saja.

#watergong #klaten #sungaigenjikan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x