Kompas TV regional berita daerah

Penanganan PMK, Ganjar Giatkan Gerakan Jogo Ternak

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 16:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Salah satu bentuk dalam menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini menyebar, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membuat gerakan Jogo Ternak. Jogo Ternak ini nanti akan ada komunitas-komunitas yang diberi nama Bolo (Teman) Ternak. Nantinya Bolo Ternak ini bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk bisa mendampingi para peternak.

"Saya membuat gerakan Jogo Ternak, dan nanti akan ada komunitas - komunitas yang kita sebut sebagai Bolo Ternak. Agar mereka semua bisa mendampingi, dan saya minta kerjasama dengan perguruan tinggi dan komunitas untuk bisa membatu pergerakannya," ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga akan membuat posko penanganan PMK ini di sejumlah tempat di wilayah Jawa Tengah. Koordinasi dengan pihak terkiat seperti Polda Jateng dan Satgas pangan terus dilakukan untuk mengawasi pergerakan hewan ternak.

Para peternak juga bisa langsung melapor jika ada ternaknya yang menderita PMK melalui hotline service di nomor 0821 1108 7606. Data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah pertanggal 5 Juni 2022 ada 8.410 hewan ternak yang suspek PMK, dimana 264 diantaranya positif. Daerah yang sampai saat ini masih bebas PMK yakni Kabupaten Purworejo, Kota Magelang dan Kota Solo.

#ganjarpranowo #pmk #boloternak

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x