Kompas TV regional berita daerah

Kemendikbudristek Siap Pasok SDM untuk Kawasan Industri Kendal (KIK)

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 18:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kawasan Industri Kendal atau KIK Jawa Tengah, menjadi salah satu kawasan industri yang tumbuh pesat menjadi tujuan investasi global di Indonesia. Melihat kemajuan itu, dalam waktu dekat KIK akan membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

Sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri akan berupaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan penandatanganan kerja sama dengan 30 industri yang ada di kawasan tersebut. Sebanyak 30 industri tersebut nantinya akan dilibatkan dalam pengembangan pendidikan vokasi di satuan pendidikan vokasi, untuk memenuhi SDM yang mereka butuhkan.

"Kompeten, nggak cuma hard skill, tapi soft skill, leadership, karakter, enterpreneurship nya," ujar Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

Dari 30 industri yang dilibatkan dalam kerja sama ini diantaranya PT Borine Technology Indonesia, PT BSN Technologied Indonesia dan PT Evlat Textile Indonesia serta industri lainnya. MOU ini sebagai jembatan kolaborasi antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri, nantinya implementasi kerjasama akan dilakukan oleh SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi seperti dalam penyusunan kurikulum bersama, pelaksanaan magang, pembelajaran berbasis proyek riil dari industri dan lainnya.


#kik #kemendikbudristek #kendal




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x