Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Blitar Arak Tumpeng Ke Makam Bung Karno

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 18:40 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

BLITAR, KOMPAS.TV - Puluhan tumpeng hasil bumi yang berukuran besar diarak warga Blitar dari alun - alun menuju makam Bung Karno. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Lebih dari 20 tumpeng hasil bumi ini diarak warga dari alun-alun Kota Blitar menuju makam Bung Karno. Warga terlihat antusias untuk mengikuti pawai gunungan lima, sebagai peringatan hari lahir Pancasila.

Pawai gunungan lima ini nantinya akan diberikan dan diperebutkan warga setelah tiba di makam Bung Karno. Disebut gunungan lima, karena warga Kota Blitar ingin selalu mengingat 5 sila yang ada dalam Pancasila.

Sementara itu, setelah 2 tahun ditiadakan, kini pawai gunungan inipun bisa saksikan lagi oleh warga. Selain untuk memperingati hari lahir Pancasila, budaya ini juga bertujuan memperkuat rasa kerukunan antar warga.

Selain pawai gunungan lima, untuk memperingati hari lahir Pancasila Pemkot Plitar juga menggelar genduri budaya. Dan semua kegiatan itu bisa diikuti oleh warga umum.

#beritablitar
#pancasila
#harlahnabcasila
#bungkarno
#gununganlima



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x