Kompas TV regional berita daerah

Berawal Dari Hobi Traveling, Ibu Rumah Tangga di Malang Sukses Berbisnis Aksesoris Etnik

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 18:25 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Berawal dari hobi traveling menyusuri nusantara, seorang ibu rumah tangga di Kota Malang, Norayani, berhasil meraup penghasilan tambahan. Setiap kali mengunjungi satu tempat, ia selalu membeli batu dan mutiara khas daerah, untuk kemudian dijadikan aneka aksesories etnik.

Berawal dari coba-coba, kini kreasi Nora berhasil menjadi ladang rejeki baru bagi Nora. Dibantu satu pegawai, tiap hari di galeri yang juga kediamannya di kawasan Ijen Kota Malang, Ia bisa membuat hingga sepuluh aksesoris etnik.

Dipilihnya batu khas nusantara ini, sekaligus mengenalkan keindahan Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya, di tiap daerahnya.

"Karena saya juga ingin mengenalkan batu-batu kerajinan dari nusantara. Yang kedua saya inginnya berbeda, karena batu-batu nusantara sangat beragam jadi biar orang tahu" tutur Nora pada Kompas TV.

Untuk penjualan, usaha rumahan ini memilih pasar digital, melalui marketplace hingga media sosial. Hal ini sekaligus menjadi tantangan baginya sebagai seorang ibu rumah tangga, untuk melek teknologi.

"Kalau pasar saya karena kebanyakan jual online ya, pembelinya dari Bali, Jakarta, Bandung, dan kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu untuk harga, dijual mulai Rp 50 ribu, hingga jutaan rupiah" tutup Nora.

#aksesorismalang #kalungetnik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x