Kompas TV regional berita daerah

DPP Pertuni Kritik Perda Disabilitas Sulut

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- DPP Persatuan Tuna Netra Indonesia -PERTUNI- menyayangkan tidak adanya pelibatan penyandang disabilitas dalam penyusunan Perda Provinsi Sulawesi Utara nomor 8 tahun 2021 tentang pemberdayaan penyandang disabilitas. Akibatnya, keberadaan perda ini tidak sesuai dengan aspirasi para penyandang disabilitas.

Lahirnya Perda Provinsi Sulut nomor 8 tahun 2021 tentang pemberdayaan penyandang disabilitas mendapat kritikan dari organisasi penyandang disabilitas.

DPP Pertuni dalam kegiatan temu media di Manado baru-baru ini, menyoroti proses penyusunan Perda yang dilakukan tanpa berkonsultasi dengan penyandang disabilitas.

Mereka mengaku tidak pernah dilibatkan dalam pembuatan Perda. Pelibatan penyandang disabilitas dalam Perda ini hanya dilakukan saat tahap sosialisasi.

Akibat tidak adanya pelibatan penyandang disabilitas, Perda ini kurang mengakomodir dan terkesan mendiskriminasikan penyandang disabilitas.

DPP Pertuni telah mengagendakan pertemuan dengan para pemangku kepentingan, termasuk Gubernur Sulawesi Utara, pada Juli mendatang.

Dalam pertemuan nanti, DPP Pertuni berharap Pemerintah Daerah menunjukkan komitmen untuk memperhatikan aspirasi para penyandang disabilitas.

#kompastvmanado #dpppertuni #disabilitas

Yongke Londa Kompas tv Manado 

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x