Kompas TV regional peristiwa

Tinjau Pembangunan Embarkasi Haji Indramayu, Wagub Jabar: Ditargetkan Selesai 2023

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 14:08 WIB
tinjau-pembangunan-embarkasi-haji-indramayu-wagub-jabar-ditargetkan-selesai-2023
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau pembangunan embarkasi haji Indramayu (Sumber: Dok. Pemprov Jabar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Deni Muliya

INDRAMAYU, KOMPAS.TV — Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan bahwa pembangunan embarkasi haji Indramayu ditargetkan selesai pada 2023.

Pernyataan itu disampaikan Wagub Uu saat meninjau proses pembangunan bersama Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar pada, Senin (30/5/2022).

Adapun saat ini ia menyebut, tinggal ada dua item yang perlu dibangun. Salah satunya masjid.

"Alhamdulillah sarana dan prasarana sudah memungkinkan. Tinggal dua item lagi, yaitu pembangunan masjid sudah dimulai tapi belum selesai, dan jalan lingkungan tinggal penguatan kalau strukturnya sudah ada," ucap Uu dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Selain itu, Wagub Uu juga menyebut dalam penyelesaian pembangunan embarkasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan ikut turun tangan untuk membantu.

Baca Juga: Operasional Haji Membengkak Rp 1,46 Triliun, Ini Penjelasan Komnas Haji dan Umrah

Sebagai langkah lebih lanjut, Uu mengaku sudah menghubungi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar untuk merinci anggaran yang dibutuhkan.

"Saya sudah menelepon Pak Sekda. Pak Sekda mungkin tinggal menghitung-hitung anggaran yang dibutuhkan sekitar berapa. Kami perjuangkan," ujar Uu.

Dengan anggaran dari Pemprov Jabar, ia berharap masyarakat di wilayahnya, khususnya di bagian timur dapat berangkat haji dan umroh dari Embarkasi Haji Indramayu.

Harapan ini juga sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Kanwil Kemenag.

Uu mengatakan, apabila pembangunan berjalan lancar maka jemaah bisa berangkat dari Embarkasi Haji Indramayu.

"Kapasitas untuk saat ini diestimasikan sebanyak tiga kloter sekitar 1.500 orang. Tetapi kalau sudah dibangun prasarana lainnya bisa lebih banyak lagi, sesuai yang diharapkan. Sehari itu enam kloter yang berangkat," jelasnya.

Uu mengungkapkan, Embarkasi Haji Indramayu nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas, salah satunya seperti masjid dan jalan lingkungan.

Selain itu, kata dia, akan ada miniatur pelaksanaan rukun haji.

"Menurut informasi juga nanti anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD) bisa belajar manasik di sini," pungkas Uu.

Baca Juga: Kemenag Ajukan Tambahan Anggaran Operasional Haji Sebesar Rp1,46 Triliun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x