Kompas TV regional berita daerah

Kisah Pilu Ibu Dan Tiga Anak Mengidap Lumpuh

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 10:25 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Kisah pilu  di alami  keluarga Manope - Daraeng di pulau Siau Kabupaten Kepulauan Sitaro, dimana ibu dan ketiga anaknya  mengidap lumpuh selama belasan tahun. Tersisa anak berusia 8 tahun yang menjadi tumpuan keluarga serta dibantu kerabat dan tetangga.

Sesuai informasi keluarga yang pertama mengalami lumpuh sang ibu Rokania Daraeng berusia 60 tahun sejak 12 tahun lalu, kemudian Ronikson Manope dan saudara kembarnya Ronelson Manope masing masing berusia 32 tahun mengalami lumpuh di atas dua puluh tahun dan yang terakhir Mathilda Manope berusia 33 tahun mengalami kelumpuhan sejak tiga tahun terakhir.

Menurut mereka penyakit ini dimulai dengan rasa keram di bagian kaki dan terus naik hingga ke tangan sampai akhirnya sulit digerakan. Warga hingga saat ini urung memeriksa ke dokter atau fasilitas lainnya karena kekurangan biaya, serta akses rumah yang berada di jauh di puncak, menyulitkan akses untuk ke fasilitas kesehatan.

Sebenarnya keluarga ini menggantungkan hidup pada sang ayah Korneles Manope, namun tepat di bulan November 2021 lalu sang ayah justru meninggal dunia dan saat ini kerabat dan tetangga bergantian saling membantu untuk kehidupan sehari hari, mulai dari memasak, mencuci pakaian, membantu untuk mandi dan buang air, serta untuk membersihkan rumah.

Sementara itu, semua pekerjaan ini tentu tidak bisa dikerjakan tiap saat oleh kerabat dan tetangga karena itu anak berusia 8 tahun Moren Manope yang merupakan buah hati Mathilda Manope yang sempat melahirkan sebelum mengalami lumpuh harus membagi tugas antara sekolah dan rumah.

Jarak antara rumah dan sekolah juga mencapai dua kilometer dengan kontur menanjak, meski begitu Moren tak pernah menyerah, iya pun bercita cita menjadi seorang dokter untuk membantu semua keluarga.

Saat ini, keluarga hanya berharap ada pihak yang tergerak hati untuk membantu  kehidupan mereka, serta membantu kesembuhan ke empat warga ini, juga biaya sekolah sang anak.

#kompastvmanado #peduli #lumpuh

Jufri Kasumbala Kompas tv Sitaro

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x