Kompas TV regional berita daerah

Dosen ISTTS Ciptakan Perkuliahan Virtual di Metaverse, Kuliah Daring Serasa Luring

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - 4 orang dosen di Kota Surabaya Jawa Timur menciptakan perkuliahan dan pembelajaran virtual 3 dimensi di dunia metaverse. Dengan sistem itu, kuliah daring terasa luring karena objek fasilitas kampus dirancang semirip mungkin dengan aslinya.

4 orang dosen Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya atau ISTTS membuat terobosan baru sistem pembelajaran berbasis virtual 3 dimensi di dunia metaverse.

Keempat dosen itu adalah Hansel Santoso, Herman, Joan Santoso dan Hartarto Junaedi. Mereka tergabung dalam grup riset game technology Prodi Sistem Informasi Bisnis.

Baca Juga: Terobosan 4 Dosen iSTTS Ciptakan Ruang Kampus di Metaverse untuk Perkuliahan!

Dunia virtual metaverse kampus itu dikembangkan selama 1 tahun terakhir. Di dalamnya terdapat ruang virtual yang saling terhubung. Mulai dari zona perpustakaan, ruang kelas, kantin, teater, gym, supermarket, techno zone hingga ruang unit kegiatan mahasiswa.

Setiap mahasiswa dan dosen yang login ke dunia virtual akan mendapatkan avatar atau obyek karakter, yang mewakili dirinya sehingga bisa berselancar di dunia virtual kampus. Dengan sistem itu diharapkan mahasiswa dan dosen lebih mudah berinteraksi.

Baca Juga: GP Ansor Luncurkan Ansorverse, Kantor Virtual dengan Teknologi Metaverse

Sistem virtual metaverse kampus masih terus dikembangkan dengan ragam avatar fasilitas kampus hingga kemampuan interaksi virtual di dalamnya semakin bagus. Sistem itu akan diujicobakan di Prodi Fakultas Sains dan Teknologi dan selanjutnya diterapkan di seluruh prodi di ISTTS.

 

#KuliahDaring #KuliahVirtual #KuliahdiMetaverse



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x