Kompas TV regional peristiwa

Polresta Surakarta akan Terapkan One Way dan Alihkan Lalin saat Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 10:57 WIB
polresta-surakarta-akan-terapkan-one-way-dan-alihkan-lalin-saat-pernikahan-adik-jokowi-dan-ketua-mk
Adik Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman akan menikah pada 26 Mei 2022 mendatang. (Sumber: Antara/HO-Dokumentasi pribadi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV — Polres Kota Surakarta menginformasikan akan ada penerapan one way atau satu jalur di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Banjarsari, Solo, pada Kamis (26/5/2022).

Menurut Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, hal itu dilakukan berkaitan dengan pengamanan untuk acara pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman di Gedung Graha Saba Buana, Kamis 26 Mei mendatang.

Kapolres menjelaskan penerapan one way akan dilakukan di sepanjang Jalan Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana. Tepatnya, mulai simpang empat warung makan sate Dahlan hingga simpang Masjid Mujahidin dari selatan ke utara.

"Jalur itu, dimana hanya bisa diakses oleh tamu undangan resepsi atau akad nikah termasuk warga di Jalan Letjen Suprapto," kata Kapolres seperti dikutip Antara, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman akan Gunakan Konsep Dekor Jawa Klasik

Adapun one way diperkirakan akan dilaksanakan selama kegiatan pernikahan berlangsung. Menurut Kapolres acara akad nikah akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB - pukul 12.00 WIB dan resepsi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Selain di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Polresta Surakarta juga akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari simpang Girimulyo.

Hal itu dilakukan untuk mengalihkan kendaraan berat atau besar dari Girimulyo ke Terminal Tirtonadi kemudian belok kiri ke Jembatan Kering menuju Palang Joglo.

Sementara untuk kendaraan pribadi atau kecil, mulai simpang empat warung makan sate Dahlan akan dialihkan ke arah barat dan timur. Nantinya, kendaraan bisa tetap melaki ke arah timur menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro dan ke kiri menuju gang dalam Sumber.

Tak hanya itu, Polresta Surakarta telah menyiapkan beberapa lokasi parkir kendaraan yang nantinya bisa diakses semua tamu undangan resepsi pernikahan.

Guna mengamankan acara pernikahan adik Jokowi dan Anwar Usman, Polresta Surakarta akan menerjunkan 1.364 personel untik melalukan pengamanan.

"Kami telah menyiapkan 1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang dilibatkan dalam pengamanan jalur itu," kata Kapolres.

Petugas gabungan tersebut terutama baik dalam mengatur lalu lintas, perlakukan satu jalur maupun rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan berat dan kecil.

Sebelumnya, adik Presiden Joko Widodo, Idayati akan menikah dengan Ketua MK RI Anwar Usman. Akad nikah dan resepsi pernikahan dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5).

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Surakarta Arbain Basyar saksi nikah dari pihak Ketua MK Anwar adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Sedangkan, dari pihak perempuan Idayati saksi nikah adalah Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Baca Juga: Sepekan Jelang Pernikahan Ketua MK dengan Idayati Adik Jokowi, Apa yang Sudah Dipersiapkan?



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x