Kompas TV regional berita daerah

Harga Daging Sapi di Pasaran Menurun, Penjualan Justru Lesu Karena Wabah PMK

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG,KOMPAS.TV-Hingga Hari Raya Idul Fitri kemarin, harga daging sapi di pasar besar Kota Malang menyentuh angka  Rp 140 ribu per kilogram. Namun setelah momen Lebaran, harga daging sapi kembali turun di angka Rp 130 ribu per kilogram. 

Latifah, salah satu pedagang daging sapi mengaku, penurunan harga setelah Lebaran memang lazim terjadi. Namun yang membedakan adalah, disaat harga turun, penjualan daging sapi justru turun. Maraknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang belakangan menyerang hewan ternak, juga menjadi salah satu penyebab sepinya pembeli. Jika sebelumnya Latifah bisa menjual daging hingga 40 kg perhari, namun kini hanya 25 kg perhari.

"Kemarin 140 ribu per kilogram, sekarang 130 ribu kalau laku. Tapi penjualan ya turun" ucap Latifah.

Sementara itu Salma, salah satu pembeli daging mengaku, meski ada rasa khawatir namun dengan proses dan penanganan yang tepat, mengkonsumsi daging sapi dirasa aman.

"Sebenarnya khawatir tapi kita tahu prosesnya disini, karena sudah langganan" katanya.

Pedagang juga menambahkan akibat sepinya pembeli, sapi yang disembelih disebut lebih kecil dari biasanya.

#wabahpmk 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.