Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Jadi Tenaga Pengajar Bagi Siswa

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 10:35 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TOMOHON, KOMPAS.TV- Pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas Anak Tomohon bekerja sama dengan dunia pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Kristen 2 kota Tomohon menghadirkan para narapidana atau warga binaan menjadi tenaga pengajar, untuk mengajari siswa sekolah mengenai ketrampilan.

Inilah tiga narapidana atau disebut warga binaan dari Lapas Kelas Anak Tomohon yang menjadi tenaga pengajar bagi siswa sekolah. Mereka diberikan kesempatan untuk mengajar kerajinan tangan di sekolah SMK Kristen Tomohon, setelah adanya kerja sama antara pihak LPKA Tomohon dan pihak sekolah.

Dari pantauan, para warga binaan ini sangat berantusias memberikan teori dan praktek kerajinan tangan pada siswa sekolah. Interaktif para siswa dan warga binaan inipun terlihat dimana mereka akan membuat satu kerajinan tangan berbahan dasar kayu.

Adapun sejumlah hasil karya kerajinan tangan yang dihasilkan para siswa berupa gantungan kunci, tempat tisu, vas bunga, serta pernak pernik lainnya. Kegiatan ini dinilai bermanfaat bagi para siswa agar bisa menjadi dasar ilmu kewirausahaan untuk terus dikembangkan nanti.

Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mentransfer hasil pembinaan yang diterima para warga binaan dalam lapas, agar bisa berdampak bagi orang lain khususnya para siswa.

Sementara itu, terjunnya para warga binaan mengajar ke sekolah, diapresiasi oleh  Direktur Jendral Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Ham RI Irjen Polisi Reynhard Silitonga, menurutnya lapas sendiri tidak hanya melakukan penanahan tapi membentuk warga binaan agar memperoleh bekal ketika keluar nanti dari dalam lapas dan bisa diterima kembali di masyarakat.

Kedua pihak, LPKA Tomohon dan SMK Kristen 2 Tomohon memastikan kerjasama ini akan terus berlanjut untuk mengembangkan kewirausahaan siswa.

#kompastvmanado #lpkatomohon #kemenkumhamri

Aldy Pascoal Kompas tv Tomohon

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF       

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x