Kompas TV regional berita daerah

Perayaan Lebaran Ketupat, 2 Kilometer Jalan Kampung Dipenuhi Ketupat Gratis

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 19:52 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MAGETAN, KOMPAS.TV - Rayakan lebaran ketupat, sebuah kampung di Magetan, Jawa Timur, punya tradisi unik dengan menggelar wisata ketupat. Warga menyediakan ketupat lengkap dengan opor sepanjang 2 kilometer di jalan kampung. Ribuan ketupat ini disediakan gratis untuk warga yang melintas maupun sengaja bertamu.

Seperti inilah keseruan suasana perayaan lebaran ketupat di Kampung Koso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Magetan. Warga di kampung ini, merayakan hari raya ketupat atau hari ke 8 idul fitri dengan tradisi wisata ketupat.

Seluruh warga kampung, memajang ketupat di depan rumah masing-masing, hingga sepanjang 2 kilometer jalanan kampung. Ketupat ini juga dilengkapi dengan opor dan lauk pauk sehingga bisa dinikmati di lokasi secara gratis.

Tradisi unik lebaran ketupat ini sengaja digelar warga kampung setiap tahun, tepatnya di hari ke 8 idul fitri. Warga secara mandiri membuat ketupat dan menyediakannya secara gratis. Total ada sekitar 7000 lebih ketupat siap saji untuk para pendatang.

Selain untuk menjaga tradisi, perayaan lebaran ketupat dikemas dengan wisata ketupat ini sekaligus untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar. Dan tentunya untuk menjaga kerukunan antar warga, terutama saat hari raya idul fitri.

#beritamagetan

#lebaranketupat

#ketupat

#tradisilebaran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x