Kompas TV regional berita daerah

Wapres Ma'ruf Amin Buka Rakernas APPSI 2022

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin, Senin (9/5) malam membuka rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia atau APPSI di Discovery Kartika Plaza Hotel. Wapres yang didampingi Ketua  Umum APPSI, Anies Rasyid Baswedan, dan Gubernur Bali, Wayan Koster ini, membuka rakernas yang ditandai dengan pemukulan kulkul atau kentongan.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden menyampaikan beberapa hal yang akan dilakukan pemerintah daerah sebagai pedoman dalam menjalankan pembangunan. Dikatakan, Indonesia saat ini berjuang untuk mengatasi wabah pandemi Covid-19, sehingga program-program lebih banyak difokuskan kepada penguatan daya beli dan pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi. Terkait hal tersebut, Wapres meminta penyerapan APBD dilaksanakan tepat waktu, tidak berjalan lambat, apalagi mengendap di bank bank daerah.

Kedua, Wapres meminta adanya peningkatan sumber daya manusia di setiap daerah. Ketiga, Wapres juga meminta gerakan nasional bangga buatan indonesia disukseskan. Untuk itu Wapres meminta aparat pemda untuk memberikan contoh dalam penggunaan produk dalam negeri sehingga produk buatan Indonesia menjadi raja di rumah sendiri.

Keempat, Wapres meminta kepala daerah untuk menunjukan komitmen keberpihakan terhadap UMKM, kelima, mewujudkan pelayanan publik yang berkwalitas demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara menurut Ketua Umum APPSI, Anies Rasyid Baswedan, Rakernas APPSI ini nantinya akan bisa mengumpulkan problem atau masalah yang dihadapi pemerintah provinsi lalu menjadikan sebagai rekomendasi yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah pusat .

Rapat kerja nasional APPSI ini merupakan kegiatan rapat tahunan untuk menetapkan program kerja. Tahun ini, Bali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas APPSI. Kegiatan ini digelar dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2022 di Discovery Kartika Plaza Hotel. Rakernas ini juga diikuti oleh gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

#rakernasAPPSI #wapresRI #apssi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x