Kompas TV regional peristiwa

Ribuan Pemudik Bersepeda Motor dari Sumatera Mulai Kembali ke Jawa Lewat Pelabuhan Merak

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 06:10 WIB
ribuan-pemudik-bersepeda-motor-dari-sumatera-mulai-kembali-ke-jawa-lewat-pelabuhan-merak
Ribuan pemudik bersepeda motor mulai berdatangan dari Sumatera ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Merak pada Jumat (6/5/2022) pagi hingga malam. (Sumber: Kompas.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

CILEGON, KOMPAS.TV - Pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terpantau mulai berdatangan melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (6/5/2022). Dari pagi hingga malam, total pemudik yang tiba mencapai ribuan orang.

General Manajer PT ASDP Merak Lutfi Pratama menyampaikan sebanyak 8.449 unit kendaraan roda dua tiba di Pelabuhan Merak dari Bakauheni sejak 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Lutfi mengungkapkan, baru sebanyak 35 persen kendaraan roda dua yang kembali ke Pulau Jawa.

"Berdasarkan data, untuk kendaraan roda dua yang belum kembali ke Pulau Jawa sebanyak 65 persen lagi," ujar Lutfi dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Penumpang di Terminal Purboyo Membeludak saat Arus Balik, Harus Berebut Masuk ke Dalam Bus!

Di pintu keluar pelabuhan antrean roda dua tampak menyemut. Dalam laporan Kompas.com, antrean disebabkan karena terjadi penyempitan lajur di flyover Merak dan pertemuan arus dari seluruh dermaga.

"Memang kita fokuskan arus kendaraan yang keluar menuju jalan tol maupun arteri tidak tersendat di flyover," tutur Lutfi. 

Kendaraan roda dua juga memadati jalanan protokol Kota Cilegon dan Kota Serang yang mengarah ke Jakarta. Tampak para pemudik membawa oleh-oleh khas seperti kemplang dan keripik pisang di bagian belakang motor.

Sementara kepolisian mengimbau masyarakat yang kembali sehabis mudik agar tetap tertib berlalu lintas dan tidak membawa barang-barang atau penumpang melebihi kapasitas.

Baca Juga: Sejumlah Kecelakaan Terjadi saat Arus Balik, Pemudik Diminta Selalu Waspada saat Berkendara!

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x