Kompas TV regional berita daerah

Kakorlantas Cek Kesiapan Arus Balik di GT Kalikangkung

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala Korlantas Irjen Pol Frman Santyabudi, Kamis (05/05/22) siang melakukan pengecekan kesiapan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang dengan didampingi oleh Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono.

Dalam kunjungan ini, ada pembagian sembako secara simbolis kepada instansi terkait yang bertugas atau piket di Gerbang Tol Kalikangkung. Kemudian acara selanjutnya adalah pertemuan secara virtual bersama Dirlantas, pelayanan PT Jasa Raharja serta instansi terkait lainnya, dengan pembahasan kesiapan arus balik tahun 2022.

Berdasarkan perhitungan bahwa jumlah volume kendaraan yang akan menuju ke Jakarta memiliki indeks ratio di atas 1, dimana indeks ini menunjukkan ada volume yang tinggi. Pihak Korlantas bersama Polda serta jajarannya akan menyiapkan skema lalu lintas apabila terjadi bottleneck (kemacetan). 

Seperti pembukaan gardu tambahan secara bertahap atau contraflow. Apabila seluruh gardu dibuka hanya untuk ke arah Jakarta maka skema tersebut disebut one way. Kemudian, apabila masih terjadi kepadatan maka akan dilakukan pembatasan kendaraan berupa skema ganjil-genap. Skema tersebut bersifat situasional melihat dari kondisi di lapangan.

"Tolong jangan salah persepsi, kita akan mengeluarkan ganjil genap di tengah arus, tapi yang mau masuk yang kita himbau untuk tidak bergabung" tegas Irjen Irman Santyabudi, Kakorlantas Polri.

Dari pihak Jasa Raharja juga turut berperan yaitu dengan mencegah terjadinya kecelakaan. Pihaknya berupaya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan penurunan angka kecelakaan sebesar 20 persen dan angka kematian sebesar 47 persen dari 2019. 

"Kesadaran masyarakat ini sudah bagus, ini terbukti dengan tingkat kecelakaan dan tingkat korban meninggal turun. Untuk kecelakaan turun 20 persen dan korban meninggal turun 47 persen" kata Rivan Achmad Purwantono, Dirut Jasa Raharja.

Selain itu pihak Jasa Raharja telah menyediakan kurang lebih 2.000 pos untuk tempat istirahat sejenak bagi para pengendara motor.
#gerbangtolkalikangkung #ganjilgenap #arusbalik




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x