Kompas TV regional berita daerah

Keseruan Aksi Pecinta Burung Macaw di Lokasi Wisata

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 11:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Dari atas Bukit Obyek Wisata Omehe Opa Patean, Kendal, Jawa Tengah Komunitas Pecinta Burung Macaw dari Kendal dan Semarang melepaskan burung beraneka warna. Burung ini tidak dilepaskan begitu saja, tetapi dilatih untuk terbang mengelilingi lokasi wisata alam ini untuk kemudian kembali ke pemiliknya.

Latihan terbang bebas ini sering dilakukan untuk melatih burung Macaw jinak dan bisa mengenali pemiliknya. Burung yang dilepas terbang, kemudian dipanggil kembali oleh pemilknya, layaknya melepas burung Merpati. Bedanya, pemilik burung Macaw akan memanggil nama sambil meniup peluit.

Seorang pemilik burung Macaw, Hadi Suntoro mengatakan Macaw ini adalah jenis burung yang unik dan menyenangkan. Selain itu, juga dikenal sebagai burung yang pandai, ketika dilatih dengan tekun dan penuh kasih sayang.

"Burung yang sangat pandai, dia tau kalau kita training. Jadi kalau kita beri training 2-3 kali dia sudah tau" Kata Hadi Suntoro, pemilik burung Macaw. 

Bagi burung Macaw yang sudah terlatih ini, bisa berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Karena mahalnya burung Macaw ini, pemilik biasanya melengkapi dengan alat pelacak sehingga saat hilang waktu latihan terbang bebas bisa dicari dan ditemukan kembali.

#burungmacaw #obyekwisata #kendal 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x