Kompas TV regional update

Polisi akan Lakukan Sistem Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Besok

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 21:15 WIB
polisi-akan-lakukan-sistem-ganjil-genap-di-jalur-puncak-bogor-besok
Ilustrasi kebijakan sistem ganjil genap yang akan diberlakukan di kawasan Puncak Bogor. (Sumber: Yohan Bagja / Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

BOGOR, KOMPAS.TV - Satlantas Polres Bogor akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dan satu arah (one way) secara bergantian, Selasa (3/5/2022).

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengungkapkan, penerapan tersebut untuk mengurangi potensi kemacetan di tempat wisata tersebut.

"Jadi untuk trennya sendiri itu Jalur Puncak merupakan destinasi wisata. Sehingga peningkatan arus volume kendaraan bisa terjadi di H-1 ataupun H+1 sekian," tutur Dicky dikutip dari Kompas.com, Senin (2/5/2022).

Baca Juga: Awas Macet! Jalur Menuju Puncak Bogor Diprediksi Bakal Padat Esok Hari

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menjelaskan, Polres Bogor akan memberlakukan sistem ganjil genap yang dilakukan di Simpang Gadong, Ciawi Bogor.

"Kita lihat peningkatan arus kendaraan, besok pagi kita berlakukan lagi ganjil genap untuk kendaraan menuju kawasan Puncak. Pemberlakuan dimulai pagi hari," terang Ketut.

Pihak kepolisian memprediksi jalur Puncak Bogor, Kabupaten Bogor menjadi salah satu tempat tujuan wisata masyarakat satu hari setelah lebaran.

Dicky mengatakan, nantinya contraflow juga akan diberlakukan di selepas exit Gerbang Tol atau GT Ciawi apabila terjadi kemacetan.

Dia mengatakan, pihaknya akan menempatkan empat pos pengamanan di sepanjang jalur Puncak. Serta menyiapkan enam rest area untuk seluruh pengendara.

"Selain itu, di Jalur Puncak sendiri sudah disiagakan 180 personel itu kami tempatkan di 26 titik plotting," lanjut Dicky.

Petugas juga akan menyiapkan mobil derek sebanyak tiga buah sebagai antisipasi adanya mobil mogok saat berada di jalur Puncak.

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, Arus Mudik di Tol Cipali Kembali Ramai

"Pemudik lokal seperti ke Cianjur, Bandung sendiri kami prediksi di saat ini mulai tanggal 30, 1, dan 2. Namun, hanya segelintir masyarakat yang akan menggunakan jalur wisata ini karena memang pada hari-harinya juga jalur wisata cukup padat dengan para wisatawan," kata Dicky.

"Kita total ada enam rest area, kalo Pospam (pos pengaman) ada empat. Mobil derek juga sudah ada di tiga titik seperti di jalur bawah, tengah, dan atas," lanjut dia.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x