Kompas TV regional wisata

Hari Pertama Lebaran, Lembang Ramai Wisatawan hingga Volume Kendaraan Naik 20 Persen

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 19:35 WIB
hari-pertama-lebaran-lembang-ramai-wisatawan-hingga-volume-kendaraan-naik-20-persen
Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat mulai dipadati wisatawan pada hari pertama Lebaran, Senin (2/4/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mulai ramai pengunjung pada hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022).

Satlantas Polres Cimahi pun mencatat, volume kendaraan wisatawan yang berkunjung ke Lembang mengalami peningkatan hingga 20 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Adapun, menurut Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto, kepadatan tersebut didominasi oleh kendaraan roda empat dari arah Kota Bandung.

"Lalu lintas hari ini sudah cukup ramai di Lembang. Kendaraan didominasi datang dari arah Bandung," kata Sudirianto dikutip dari Kompas.com, Senin.

Baca Juga: Libur Lebaran, GWK Nusa Dua Bali Dipadati Wisatawan

Lebih jelasnya, arus kendaraan mulai terpantau di Jalan Raya Lembang hingga menimbulkan simpul kemacetan di pintu masuk obyek wisata Farmhouse.

"Peningkatan (kendaraan) sudah sampai 20 persen, tapi kebanyakan masih wisatawan lokal Bandung Raya. Besok baru kemungkinan wisatawan dari luar daerah berdatangan," ungkap Sudirianto.

Sudirianto menambahkan, tak hanya pelancong, peningkatan arus tersebut juga dipicu oleh pergerakan kendaraan lokal yang hendak bersilaturahmi ke rumah kerabat di sekitaran Lembang.

Maka dari itu, sejak pagi tadi Satlantas Polres Cimahi telah menerapkan rekayasa lalu lintas one way untuk kendaraan yang datang dari arah Kota Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya.

Baca Juga: Polda Metro Pastikan Tak Ada Ganjil Genap di Tempat Wisata Selama Libur Lebaran 2022, tapi...

"Hari ini sudah delapan kali one way, terutama dari arah Bandung menuju Lembang. Penerapannya tergantung situasi di lapangan," jelas Sudirianto.

Sudirianto juga menyebutkan, setidaknya ada tiga simpul kemacetan di kawasan Lembang yang memicu diterapkannya sistem one way.

Ketiga lokasi simpul kemacetan itu meliputi Simpang Beatrix Simpang Grandhotel, Simpang Panorama, serta pintu masuk obyek wisata Farmhouse dan The Great Asia Africa.

"Petugas sudah kami siagakan di simpul-simpul macet itu. Kepada wisatawan diimbau tetap berhati-hati karena cuaca Lembang menjelang sore hari terjadi hujan cukup deras," tuturnya.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x