Kompas TV regional peristiwa

Jokowi Salat Id di Istana Yogyakarta, Masmin Afif Ditunjuk Jadi Imam dan Khotib

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 23:21 WIB
jokowi-salat-id-di-istana-yogyakarta-masmin-afif-ditunjuk-jadi-imam-dan-khotib
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Masmin Afif yang akan menjadi imam dan khatib pada salat Id yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Yogyakarta. (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Gedung Agung Yogyakarta atau Istana Yogyakarta, Senin (2/5/2022) besok.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan, Salat Id tersebut digelar dengan peserta terbatas yakni Kepala Negara dan keluarga.

Untuk Imam dan khatib, Salat Id di Istana Yogyakarta ialah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta Masmin Afif.

Masmin Afif mengatakan, besok adalah kali kedua dirinya menyampaikan khotbah secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo akan Lebaran di Yogyakarta, Tak Gelar Halalbihalal

Sebelumnya, Masmin pernah menjadi khatib saat Kepala Negara melakukan kunjungan di Yogyakarta pada 2021 silam. Saat itu Masmin jadi khatib saat salat Jumat di Gedung Agung.

Pria kelahiran Demak, Jawa Tengah, itu mengaku dihubungi pihak Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta tiga hari sebelum Jokowi tiba.

"Ada permintaan dari Jakarta diminta persiapan, ya, insyaallah siap," tutur Masmin dikutip dari Antara, Minggu (1/5/2022).

Masmin melanjutkan, pihak Istana memberikan keleluasaan kepadanya terkait tema khotbah yang akan disampaikan besok di hadapan Jokowi.

Baca Juga: Berlebaran di Yogyakarta, Jokowi dan Iriana Ucapkan Selamat Idulfitri 1443 H

"Materi sudah kami kirim ke Protokol Paspampres. Insyaallah sudah diasese. Kemarin diminta untuk direvisi, dipadatkan. Tadi pagi sudah kami kirim lagi biar (khotbah) tidak terlalu lama," tuturnya.

Khotbah yang akan diangkat besok bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi".

Masmin mengatakan, tema itu sesuai dengan konteks Idulfitri tahun ini yang masih dalam suasana Covid-19.

"Menjadi orang-orang yang bertakwa adalah bermanfaat untuk keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Dan orang-orang yang bertakwa adalah orang yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap suasana di sekitar kita," ujar Masmin.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x