Kompas TV regional peristiwa

Jelang Lebaran 2022, Polres Ternate Imbau Masyarakat Tak Gelar Takbiran di Jalan-Jalan Utama

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 14:06 WIB
jelang-lebaran-2022-polres-ternate-imbau-masyarakat-tak-gelar-takbiran-di-jalan-jalan-utama
Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit mengimbau masyarakat setempat untuk tidak menyelenggarakan takbiran di jalan-jalan utama kota pada malam Lebaran. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

TERNATE, KOMPAS.TV - Polres Ternate, Maluku Utara, mengimbau masyarakat setempat untuk tidak menyelenggarakan takbiran di jalan-jalan utama kota pada malam Lebaran tahun ini.

Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit mengatakan, imbauan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas dan hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban umum.

"Saya juga mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan dengan knalpot racing dan hindari petasan," kata Andik dikutip dari Antara, Minggu (1/5/2022).

"Dan yang paling penting, hindari minuman keras agar takbiran kali ini selalu aman dan nyaman," sambungnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polda Metro Imbau Warga Jakarta Tidak Takbiran Keliling

Maka dari itu, Polres Ternate pun menggandeng dan berkoordinasi dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat guna mengoptimalkan imbauan tersebut.

Andik menambahkan, jika masih ada rombongan takbiran yang turun di jalan utama kota, maka Polres Ternate akan mengarahkannya ke jalur-jalur alternatif yang lain.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Polres Ternate AKP Henri Alfredo Korwa menyebutkan, pihaknya juga telah menyiapkan 11 titik Pos Pelayanan Mudik Lebaran.

Dengan rincian yang terdiri atas sembilan pos pelayanan, satu pos pengamanan, serta satu pos terpadu.

Baca Juga: Anies Imbau Warga Jakarta Takbiran di Masjid, Musala, atau JIS daripada di Jalanan

"Sembilan pos pelayanan itu, tersebar di beberapa titik keramaian seperti pintu masuk dan keluar pelabuhan, bandara, hingga lokasi rawan lainnya seperti pasar maupun pusat perbelanjaan," ujar Henri.

Lebih jelasnya, beberapa pos pelayanan tersebut mengambil lokasi di Pelabuhan Semut Mangga Dua, Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Bastiong dan Pelabuhan Feri.

"(Sementara) untuk satu pos pengamanan dan terpadu, bakal ditempatkan di depan Masjid Al-Munawar, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah," ungkap Henri.

Selanjutnya, Henri mengatkan, setidaknya ada 114 personel kepolisian yang akan turun dalam pengamanan momen Lebaran tahun ini di Kota Ternate.

Tak lupa, Henri juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah bersama keluarga dan orang-orang sekitar.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x