Kompas TV regional agama

Pemudik Masih Berusaha Masuk Pelabuhan Merak, Panjang Antreannya hingga 20 Kilometer

Kompas.tv - 30 April 2022, 11:04 WIB
pemudik-masih-berusaha-masuk-pelabuhan-merak-panjang-antreannya-hingga-20-kilometer
Suasana sntrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022) pagi. (Sumber: KOMPAS.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

CILEGON, KOMPAS.TV - Antrean kendaraan pemudik yang hendak masuk Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, panjangnya telah mencapai 20 kilometer, Sabtu (30/4/2022) sejak pukul 09.12 WIB.

Pantauan tim jurnalis Kompas TV di lapangan, titik awal kemacetan tersebut berada di KM 90 Tol Tangerang-Merak, terus berlanjut hingga Jalur Cikuasa Atas dan pintu Pelabuhan Merak.

Selain itu, kepadatan kendaraan juga terlihat di kantong parkir dari tujuh dermaga di Pelabuhan Merak dan toll gate, dengan pemudik sepeda motor yang mendominasi antrean pemeriksaan tiket.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Junaidi pun mengatakan, tingginya gelombang pemudik di Pelabuhan Merak sudah terjadi belakangan ini.

Baca Juga: Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak Berlanjut hingga Sabtu Dinihari, ASDP Jelaskan Penyebabnya

"Dua hari terakhir ini memang terjadi lonjakan pemudik dari arah Jakarta menuju Sumatera melalui angkutan penyeberangan Merak menuju Bakauheni," kata Junaidi seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu.

Maka dari itu, lanjut Junaidi, petugas mulai menerapkan sejumlah skenario untuk mencegah stagnasi kendaraan di dalam area Pelabuhan Merak.

"Memang saat ini ada antrean di jalan tol (Tangerang-Merak) dan Jalur Cikuasa Atas. Itu bagian daripada rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi stagnasi di pelabuhan," jelas Junaidi.

Lebih lanjut, Junaidi menyebutkan, saat ini terdapat 42 unit kapal yang beroperasi di rute Merak-Bakauheni.

Angka itu terbilang lebih banyak dari jumlah sebelumnya, yang hanya 34 unit kapal untuk melayani rute penyeberangan tersebut.

Baca Juga: Update Kondisi Lalu Lintas Pelabuhan Merak, Kemacetan Mengular hingga Tol Jakarta-Tangerang

Adapun, berdasarkan data dari Posko Merak pada 22-29 April 2022, setidaknya sudah ada 509.224 orang yang melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Merak.

Dengan rincian, 480.580 orang di antaranya menggunakan kendaraan, sedangkan 28.644 sisanya merupakan pemudik tanpa kendaraan.

Sedangkan, jumlah kendaraan yang telah meninggalkan Pulau Jawa dan menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak mencapai 120.796 unit.

Jumlah tersebut meliputi, 31.365 unit kendaraan roda dua, 65.143 mobil, 3.231 bus, dan 20.787 truk.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x