Kompas TV regional berita daerah

Kisah Narapidana Gapai Hidayah di Bulan Suci

Kompas.tv - 29 April 2022, 21:16 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

Lantunan ayat suci Al-qu’ran yang dibacakan Boby Widayatmoko, memecah keheningan di dalam Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Bengkulu.

Boby yang berusia 37 tahun, adalah warga Kota Surabaya, Jawa Timur, yang terjerat kasus narkotika dengan vonis hukuman penjara selama 14 tahun.

Diakui Boby, masa hukuman 14 tahun ini membuatnya sadar akan perbuatannya yang tidak benar. Perlaha, ia lalu memperdalam ilmu agama dan kembali ke jalan yang benar.

Selama 15 bulan menjalani masa hukuman, Boby rutin mengikuti dan mulai menjadi pembimbing bagi para napi lainnya yang ingin belajar agama islam, mulai dari mengaji, sholat berjamaah, hingga mengisi kajian Al-qur’an dan hadist.

Di Masjid An-Nur Lapas Kelas II A Bengkulu inilah, Boby bersama ratusan napi lainnya, menghabiskan waktu selama bulan suci Ramadhan sebagai santri.

Para santri ini tampak khusuk mengikuti kegiatan pengajian yang dibimbing petugas lapas serta guru mengaji yang juga sesama narapidana.

Mereka tak ingin melewatkan keberkahan bulan suci Ramadhan untuk bertaubat dan memohon kepada yang maha kuasa agar mendapat hidayah.

Selama bulan suci Ramadan aktivitas keagamaan seperti ini memang rutin dan lebih banyak dilakukan dibandingkan hari biasanya.

Pihak lapas lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, tadarus Al-qur’an, kajian agama, hingga shalat tarawih bersama.

Selain memberikan kesempatan bagi para narapidana untuk meningkatkan amal ibadah, kegiatan ini juga diharapkan menjadi bekal narapidana apabila selesai menjalani masa hukuman, dan kembali ke keluarga dan masyarakat.

Pada bulan suci Ramadan ini, Boby bersama ratusan narapidana lainnya bertekad memperbanyak amal ibadah untuk menggapai hidayah di bulan suci ini.

Selain itu mereka juga ingin membuktikan bahwa kesalahan yang telah mereka lakukan terdahulu tidak menyurutkan niat mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi yang berguna bagi agama, masyarakat dan bangsa Indonesia.

#BulanRamadhan #BulanSuci #KegiatanRamadhan #LapasBengkulu #Bengkulu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x