Kompas TV regional peristiwa

Jalur Pantura Padat Imbas One Way Jalan Tol, Arus Kendaraan dari Arah Jateng Dialihkan

Kompas.tv - 29 April 2022, 14:59 WIB
jalur-pantura-padat-imbas-one-way-jalan-tol-arus-kendaraan-dari-arah-jateng-dialihkan
Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar saat memberi keterangan kepada media di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). (Sumber: ANTARA/Khaerul Izan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar mengungkapkan terjadi kepadatan kendaraan di jalur arteri Pantai Utara (Pantura) Cirebon, arah ke Jakarta, pada H-3 Lebaran atau 29 April 2022.

Menurut penjelasannya, kepadatan terjadi di beberapa titik, terutama di perempatan maupun pertigaan karena laju arus lalu lintas saling memotong.

"Jalur arteri dari arah Jateng (Jawa Tengah) menuju Jakarta, tepatnya dari Mundu sampai Kedawung, memang mengalami kepadatan," kata Fahri seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/4/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kepadatan kendaraan ini merupakan imbas dari penerapan satu arah (one way) di tol Jakarta-Cikampek.

Untuk mengatasi kepadatan kendaraan, Polres Cirebon Kota, kata Fahri telah melakukan rekayasa lalu lintas di jalur Pantura dari arah Jateng. 

Baca Juga: Urai Kepadatan Kendaraan Masuk Kapal di Merak, Menhub Minta Terapkan "First In First Out"

Fahri menuturkan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan mengalihkan kendaraan dari Jawa Tengah ke arah Gunungjati, dan dilanjutkan ke ruas Krangkeng-Karangampel Kabupaten Indramayu.

Langkah tersebut, lanjut dia, dalam rangka mengurangi beban di jalur arteri Pantura ruas Kedawung- Palimanan-Jatibarang.

"Kita lakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan lalu lintas ke arah Gunungjati sampai Indramayu," ujarnya.

Diketahui, kepadatan lalu lintas di jalur arteri Pantura memang sudah diprediksi, terutama yang dari arah Jawa Tengah menuju ke Jakarta.

 Mengingat, jalur mudik Jawa Barat ini selalu padat karena menjadi lalu lintas utama transportasi di utara Jawa. 

Sehingga Polres Cirebon Kota telah menyiapkan beberapa rekayasa untuk dapat memperlancar arus kendaraan. 

Baca Juga: Imbas One Way di Jalan Tol, Jalur Arteri Arah Jakarta Padat Kendaraan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x