Kompas TV regional sosial

Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya yang Sudah 28 Tahun Tak Mudik Lebaran

Kompas.tv - 29 April 2022, 15:00 WIB
sambodo-purnomo-yogo-dirlantas-polda-metro-jaya-yang-sudah-28-tahun-tak-mudik-lebaran
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo sudah 28 tahun tidak mudik saat Lebaran. (Sumber: GridOto.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari raya Idulfitri tahun ini menjadi momen yang menggembirakan bagi banyak orang. Pasalnya, setelah dua tahun dilarang pemerintah karena pandemi Covid-19, kini masyarakat kembali diizinkan untuk mudik.

Namun, meski sudah diperbolehkan, sebagian orang memilih atau tidak bisa mudik dengan alasan yang berbeda-beda. Salah satu alasannya adalah karena pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk tetap bertugas saat hari raya Lebaran.

Seperti yang dijalani oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P. Bukan tahun ini saja pria asal Binjai, Sumatera Utara tersebut tidak bisa merasakan mudik Lebaran.

Selama 28 tahun mengabdi sebagai polisi, belum sekali pun ia mudik saat Lebaran. Hal ini karena tanggung jawabnya sebagai polisi yang harus tetap menjalankan tugas.

Pada tahun ini, ia mendapat tugas untuk menjaga kelancaran mudik Lebaran. Ia pun berusaha mengerjakan amanah tersebut sebaik mungkin.

Baca Juga: Kisah Pemudik Motor di Pelabuhan Merak, dari yang Blusukan Hingga Terjebak Macet

"Saya lulus 1994 sekarang sudah tahun 2022, berarti sudah 28 tahun, selama 28 tahun itu saya tidak pernah mudik kecuali saya sedang pendidikan," beber Sambodo kala bertugas memantau Rest Area Kedungwaringin, Bekasi, Kamis (28/4/2022), seperti dilansir dari GridOto.com.

Bagi Sambodo, tidak mudik di hari Lebaran merupakan hal yang biasa. Kepentingan masyarakat luas, menurutnya, lebih utama. Apalagi ia ditugaskan untuk memastikan kelancaran jalur mudik.

"Mau tak mau urusan dengan keluarga dinomorduakan demi keamanan, kelancaran pemudik," ujarnya.

Polisi jebolan Akpol 1994 ini mengaku tidak pernah merasa lelah ketika ditugaskan untuk menjaga keselamatan lalu lintas baik saat musim mudik Lebaran ataupun di luar itu.

Ia menuturkan, saat mengerjakan tugas disertai dengan passion, semangat, pengabdian dan keikhlasan, pekerjaan apapun akan terasa mudah.

"Jadi tugas itu jangan dianggap sebagai suatu beban, tapi tugas itu harus dianggap suatu tantangan dan kebanggaan, yang penting happy, enjoy dan dibawa senang saja,"  kata Sambodo.

Tentu di luar tugasnya saat ini, Kombes Pol Sambodo tetap meluangkan waktu untuk keluarga. Jatah libur yang diberikan instansinya ia gunakan seratus persen untuk keluarga.

"Kalau hari Minggu biasanya saya habiskan bersama keluarga, dari jalan ke mal hingga makan, biasanya kalau enggak ke mana-mana saya habiskan waktu saya nonton Netflix," tutupnya.

Baca Juga: Ada Rest Area untuk Pemudik Motor di Kedungwaringin Bekasi, Intip Fasilitas Istimewanya

 



Sumber : GridOto.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x