Kompas TV regional berita daerah

Jejak Masjid Ceng-Ho Di Samarinda

Kompas.tv - 29 April 2022, 03:40 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Di antara sejumlah bangunan unik dan bersejarah di Samarinda, ada Masjid Cheng Ho yang merupakan bangunan religi dengan nuansa budaya asal Tiongkok dan Arab. Masjid bernuansa Muslim Tionghoa ini berlokasi di Jalan Ruhui Rahayu 1, Samarinda, Kalimantan Timur.

Keindahan seni dan budaya cukup kental di masjid ini. Masjid Cheng Ho Surabaya adalah masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Muslim Tionghoa, dan menjadi symbol perdamaian umat beragama.

Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama.  Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf arab di puncak pagoda.

Menurut pengurus masjid, dibangunnya Masjid Cheng Ho ini merupakan bentuk penghormatan pada Laksamana Muhammad Sulaiman Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama islam.

Pada abad ke-15 pada masa Dinasti Ming (1368-1643) orang-orang Tionghoa dari Yunnan melakukan ekspedisi Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia dengan mengemban beberapa misi di antaranya berdagang, menjalin persahabatan, serta menyebarkan ajaran agama islam di berbagai wilayah di nusantara. termasuk di Kalimantan.

Tak heran Masjid Cheng Ho dibangun dengan arsitektur khas negeri tirai bamboo, menjadi akulturasi yang sangat apik dengan arsitektur khas islam.

SAAt bulan suci Ramadan, kegiatan di Masjid Cheng Ho setiap hari menyiapkan takjil dan makan berbuka bersama, tarawih dan tadarus oleh masyarakat sekitar.

#Masjid #Tionghoa #Kaltim




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

KAISAR

20 Mei 2024, 07:07 WIB

Close Ads x