Kompas TV regional berita daerah

H-4 Jumlah Penumpang di Bandara YIA Tembus 10 Ribu Orang

Kompas.tv - 28 April 2022, 17:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV-Lonjakan penumpang di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta khususnya di terminal kedatangan mulai terlihat sejak Kamis (28/04/22) pagi.

Pengelola bandara mencatat kenaikan pada H-4 lebaran ini mencapai 11 persen dari hari sebelumnya, jumlah penumpang hari ini tembus 10.448 penumpang dengan didominasi penumpang kedatangan sebanyak 6.889 penumpang dan keberangkatan 3.553 penumpang. Jumlah tersebut melonjak 100 persen dibandingkan hari biasanya. 

Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi pada hari Sabtu 30 April atau H-2 lebaran dan menargetkan 12.000 penumpang akan turun maupun naik melalui Bandara YIA.

Guna mengakomodir jumlah penumpang pihak pengelola juga menambah jam operasional yang sebelumnya dari jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB kini bisa dibuka hingga jam 21.00 WIB. Selain menambah jam operasional pihak bandara juga menambah 26 penerbangan setiap harinya. Jadi total penerbangan pada momen libur lebaran kali ini mencapai 74 hingga 83 pergerakan pesawat setiap harinya. 

"Diperkirakan puncak arus mudik hari Sabtu (30/04/22) dua hari jelang lebaran. Untuk hari ini didominasi kedatangan" kata Budi Wiyono, Airport Operation Center Head (AOCH) 

Banyak dari penumpang yang sengaja pulang lebih awal untuk menghindari keramaian dan mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Meski harga tiket sudah mulai naik, namun mereka mengaku penerbangan pada musim mudik kali ini lebih mudah dan tak melalui berbagai persyaratan yang ketat.

"Harga tiket lumayan naik sih dua kali lipat" kata Budiarti, penumpang pesawat.  

Pengelola Bandara YIA menghimbau kepada seluruh penumpang supaya selalu mematuhi protokol kesehatan di area publik untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 serta tiba di bandara 3 jam lebih awal dari jadwal penerbangan, untuk melakukan online chek in dengan mengunduh aplikasi peduli lindungi untuk mempercepat proses pemeriksaan dokumen kesehatan.

#bandarayia #lebaran #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x