Kompas TV regional berita daerah

Masjid Agung Syech Quro Dibangun Tahun 1418 Masehi

Kompas.tv - 28 April 2022, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Masjid agung karawang yang terletak di kelurahan karawang kulon kecamatan karawang barat, merupakan masjid tertua di pulau jawa bagian barat yang dibangun oleh syech quro pada tahun 1418 masehi,  pada jaman kerajaan sunda padjadjaran dan posisi masjid berada di pelabuhan sunda pura.

Masjid agung karawang yang berdiri di atas tanah seluas 4000 meter, dibangun oleh syehch quro merupakan ulama yang menyebarkan agama islam di pulau jawa wilayah barat, yang berasal dari campa putra dari syeh yusup sidik.

Masjid yang dibangun pada tahun 1418 masehi, ini  dulu hanya berukuran panjang dan lebar 10 meter dan terbuat dari kayu dengan pondasi batu bebentuk kotak.

Seiring dengan perkembangan jaman masjid agung karawang ini mengalami beberapa kali pembangunan dan perubahan bentuk pertama kali masjid diperluas dan dibangun oleh bupati pertama karawang, adipati singaperbangsa karawang dan kini masjid ini disebut masjid agung.

Untuk melihat keaslian masjid pengelola menyimpan kayu asli pada saat masjid ini dibangun oleh syech quro pada tahun 1418 masehi dan membuat miniatur bentuk masjid dari pertama kali dibangun hingga perubahan ke empat.

Saat ini masjid agung dibangun lebih besar menyesuaikan dengan kebutuhan jamaah yang terus bertambah.

Gaya arsitek bangunan masjid ini kolaborasi antara sunda  dengan atap berundak serta 4 menara mirip masjid nabawi.

Serta pada bagian depan tugu sebuah kemudi kapal cenghoo simbol dari awal terbangunya masjid yang berada di sekitar pelabuhan, dan bagian sisi lainya terdapat  tulisan sejarah pendiri masjid agung karawang. Bagian lainya pengelola membangun perpustakaan dan gedung asrama untuk santri penghapal Al quran.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/ Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw... Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/ Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x