Kompas TV regional berita daerah

Jumlah Penumpang Bus Naik 18,7 Persen, Kepala Terminal Patria Blitar: Mobilitas Mulai Terlihat

Kompas.tv - 28 April 2022, 06:04 WIB
jumlah-penumpang-bus-naik-18-7-persen-kepala-terminal-patria-blitar-mobilitas-mulai-terlihat
Suasana peron bus di Terminal Patria, Kota Blitar, Jawa Timur. Dalam tiga hari terakhir, 24-26 April 2022,  Terminal Patria di Kota Blitar mengalami lonjakan jumla penumpang bus hingga 18,7 persen dari pekan sebelumnya. (Sumber: Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Hadi)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

BLITAR, KOMPAS.TV - Gelombang pemudik di Terminal Patria, Kota Blitar, Jawa Timur, mulai menunjukan peningkatan seiring dengan semakin dekatnya Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2022.

Kepala Terminal Patria Verie Sugiharto mengungkapkan, jumlah penumpang bus telah melonjak hingga 18,7 persen dalam tiga hari terakhir, jika dibandingkan periode yang sama pekan sebelumnya.

Lebih jelasnya, penumpang bus di Terminal Patria yang mencapai 4.546 orang pada 17-19 April 2022, kini bertambah menjadi 5.398 orang pada 24-26 April 2022.

"Jadi, mobilitas masyarakat di Blitar menjelang Hari Raya Idulfitri ini bisa dikatakan sudah mulai terlihat," ujar Verie kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Tekan Angka Kecelakaan di Masa Mudik, Polisi Imbau Tidak Lakukan Perjalanan Jauh dengan Motor

Verie menambahkan, jumlah tersebut meliputi penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP).

"Kalau kita perhatikan, jumlah penumpang datang atau turun mengalami kenaikan cukup besar yaitu dari 2.060 orang pada 17-19 April menjadi 2.560 pada 24-26 April," jelas Verie.

Sementara itu, lanjut Verie, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Patria hanya mengalami kenaikan tipis, dari 2.486 orang pada 17-19 April 2022 menjadi 2.838 orang pada 24-26 April 2022.

Verie pun memperkirakan, angka itu masih akan meningkat dalam beberapa hari ke depan, jelang Lebaran 2022.

Baca Juga: Terminal Kampung Rambutan Catatkan Lonjakan 100 Persen Keberangkatan Penumpang, Tes Antigen Gratis

Tak lupa, Verie mengingatkan bahwa angka-angka tadi tidak dapat sepenuhnya menunjukan seberapa banyak penumpang bus yang berangkat dari dan ke Blitar.

"Karena penumpang bus ini kan bisa minta diturunkan di pinggir jalan juga, jadi tidak semuanya yang menuju Blitar dapat terpantau oleh kami," terangnya.

Menurut Verie, jumlah penumpang bus yang naik maupun turun di luar terminal bisa setara dengan yang telah pihaknya catat sampai hari ini.

Terlebih pada 29 April 2022 nanti, Verie sependapat dengan prediksi Kementerian Perhubungan bahwa tanggal itu akan menjadi puncak arus mudik dengan moda transportasi bus umum.

Maka dari itu, Verie mengimbau kepada penumpang bus di Terminal Patria untuk selalu menanyakan informasi terkait perjalanan mereka kepada petugas agar perjalanannya tak menemui kendala.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x