Kompas TV regional peristiwa

Banjir Rendam Belasan Rumah dan 1 Masjid di Bengkulu

Kompas.tv - 24 April 2022, 10:30 WIB
banjir-rendam-belasan-rumah-dan-1-masjid-di-bengkulu
Ilustrasi banjir (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 15 unit rumah dan satu masjid tergenang akibat banjir yang terjadi di Kota Bengkulu pada Sabtu (23/4/2022) sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, ketinggian air yang merendam bangunan mencapai 45 sentimeter.

“Sebanyak 15 unit rumah warga tergenang akibat banjir yang terjadi di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Sabtu (23/4) pukul 17.00 WIB,” jelasnya melalui keterangan tertulis.

“Selain rumah warga, banjir ini juga berdampak pada 1 unit masjid dengan ketinggian air berkisar antara 10 - 45 sentimeter.”

Baca Juga: Ratusan Rumah Warga di Lumajang Terendam Banjir

Muhari menjelaskan, banjir terjadi setelah wilayah Kelurahan Bentiring, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu diguyur hujan berintensitas tinggi.

Sedikitnya terdapat 15 KK yang terdampak kejadian ini.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, lanjut Muhari, pihaknya telah melakukan pendataan dan kaji cepat dilokasi sesaat setelah kejadian.

“Koordinasi dengan lintas terkait dilakukan sebagai upaya percepatan penanganan.”

“Kondisi terkini banjir telah berangsur surut, para warga dilaporkan tidak ada yang mengungsi. Fasilitas publik seperti jaringan komunikasi dan listrik juga tidak ikut terganggu,” tambahnya.

Menurut kajian dari InaRISK, kata Muhari, Kota Bengkulu memiliki potensi risiko banjir sedang hingga tinggi.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi, mengingat prakiraan cuaca BMKG pada hari ini (24/4/2022) untuk wilayah Bengkulu berpeluang hujan dengan intensitas sedang pada malam hari.

Baca Juga: Evakuasi 2 Truk Terjebak Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

“Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui Info BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca dan mengetahui risiko becana yang ada di wilayahnya melalui laman InaRISK.”

Saat ini InaRisk juga sudah dilengkapi dengan fitur jalur mudik 2022 yang berisikan peta jalur mudik melalui jalan nasional, provinsi dan kab/kota hingga jalan tol beserta kelengkapannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x