Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Sulsel: Gratis Bantuan Hukum Untuk Orang Miskin

Kompas.tv - 22 April 2022, 18:50 WIB
kakanwil-sulsel-gratis-bantuan-hukum-untuk-orang-miskin
Kanwil Kemenkumham Sulsel sosialisasikan hasil penelitian hukum dan HAM (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) sosialisasikan hasil penelitian hukum dan HAM terkait “Kualitas Layanan Bantuan Hukum Sebagai Perwujudan Akses Keadilan” melalui diskusi daring Obrolan Peneliti (OPini) yang diikuti sekitar 800 peserta daring dan luring, Kamis (21/04/2022)

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan, secara konstitusional, negara berkewajiban menjamin hak warga negara untuk memperoleh keadilan hukum. Berdasarkan UU Bantuan Hukum (No.16/2011), negara menjamin hak warganya, khususnya bagi orang atau kelompok miskin untuk mendapatkan akses keadilan dan kesamaan di hadapan hukum, diimplementasikan dalam wujud pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma (gratis). Dengan harapan, setiap orang mendapatkan pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil, serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

“Pemberian bantuan hukum kepada warga negara merupakan wujud nyata dari implementasi negara mengakui dan melindungi serta menjamin hak asasi warga negara akan kebutuhan akses terhadap keadilan (access to justice) dan kesamaan dihadapan hukum (equality before the law),’” jelas Liberti Sitinjak.

 Lanjut Kakanwil Sulsel, “Di Sulsel terdapat 30 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terdiri dari 2 OBH terakreditasi A, 4 OBH terakreditasi B, dan 24 OBH terakreditasi C yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota, OBH inilah yang akan menjadi sarana pemberian akses keadilan bagi masyarakat,”

Ia berharap, hasil penelitian Balitbangkumham ini dapat dijadikan sebagai bahan atau data dukung bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan  kebijakan khususnya dalam pemberian bantuan hukum bagi masyarakat.

Narasumber pemantik diskusi  Guru Besar Fakultas Hukum UNHAS Prof. Dr. H.M. Said Karim, CLA,, Peneliti Balitbang Hukum dan HAM Oki Wahyu Budianto, dan Direktur LBH APIK Makassar Rosmiati Sain. Peserta kegiatan dari unsur praktisi hukum, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, instansi terkait, dan masyarakat umum.

Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Menkumham Bidang Hubungan Antar Lembaga Dr. Dhahana Putra, disampaikan bahwa negara bertanggung jawab terhadap pemberian bantuan hukum bagi orang miskin sebagai perwujudan akses terhadap keadilan.

Sahli Dhahana mengungkapkan  4 tantangan layanan bantuan hukum saat ini di antaranya: 1) belum menjangkau kelompok rentan seperti difable dan perempuan, 2) peran paralegal belum optimal, 3) persebaran OBH belum merata dan, 4) akses layanan bantuan hukum, secara prosedural dinilai masih menyulitkan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Balitbang Hukum dan HAM Dr. Sri Puguh Budi Utami, Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel, dan jajaran pegawai pada Unit Pelaksana Teknis di Kabupaten Kota.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x