Kompas TV regional berita daerah

Berkebaya Saat Bukber, Peringati Hari Kartini

Kompas.tv - 22 April 2022, 15:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Masjid Al-Furqon di Kampung Karanglor, Desa Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada sore hari terlihat ramai. Para pengurus masjid dan warga membawa aneka takjil, makanan berbuka puasa dari rumah masing-masing. Mereka mengenakan kebaya karena acara berbuka puasa bersama ini dibuat bernuansa Hari Kartini. Untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Ada juga warga yang melukis wajah Kartini sang Pahlawan Nasional pejuang hak perempuan Indonesia di galon bekas.

"Kita sebagai generasi penerus Ibu Kartini, kita sangat mengidolakan beliau. Karena beliausangat memberi tauladan kepada kaum wanita, bisa menggelorakan suara wanita, emansipasi wanita semuanya itu yang membuat kita bangga," kata Trimoyatun, Ketua RW Kampung Karanglor.

Warga Karanglor adalah komunitas yang sangat peduli dengan sampah. Mereka biasa mengubah sampah menjadi aneka barang bernilai ekonomi, seperti lampion, pot bunga, tas, tempat tisu hingga tempat minum.

Dengan merayakan Hari Kartini, warga ingin membangkitkan kembali semangat kesetaraan dan kesejahteraan perempuan di segala bidang. Mulai dari pendidikan, sosial hingga ekonomi.

#harikartini #sukoharjo #kartasura

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x