Kompas TV regional berita daerah

Gurihnya Sotong Pangkong, Kuliner Khas yang Hadir hanya saat Ramadan di Pontianak

Kompas.tv - 22 April 2022, 07:30 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Kota Pontianak, Kalimantan barat, memiliki sejumlah kuliner khas, yang selalu hadir di bulan ramadan. Satu di antaranya sotong pangkong.

Sotong pangkong merupakan kuliner berbahan utama sotong atau cumi-cumi, yang disajikan dengan cara sedikit berbeda. Sebelum dimasak, penganan ini terlebih dahulu dijemur hingga kering, lalu dipanggang hingga matang.

Setelah matang, sotong kemudian dipukul-pukul dengan palu, atau dalam bahasa Melayu disebut dipangkong, agar daging menjadi lembut dan tidak alot.

Sotong pangkong yang memiliki rasa gurih, biasanya disajikan dengan sambal kacang, agar lebih nikmat saat disantap.

Warga pun mengaku, kerap mengincar jajanan sotong pangkong selama ramadan, karena memiliki rasa yang khas, dan hadir hanya setahun sekali.

Akis, salah seorang pedagang sotong pangkong di Pontianak mengaku selalu membuka dagangan sotong pangkong, setiap ramadan. Sotong ia dapatkan dari pasar, ataupun beli langsung dari nelayan.

Jajanan sotong pangkong dapat ditemui di pinggiran jalan Kota Pontianak, terutama di sekitar jalan merdeka barat. Kuliner ini biasanya mulai buka dari petang hingga subuh hari.

Harganya pun bervariasi, mulai dari 20 ribu hingga 100 ribu rupiah, tergantung ukuran.

#sotongpangkong #pontianak #kalbar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x