Kompas TV regional berita daerah

Momen Hari Kartini, Buruh Gendong Pasar Beringharjo Ikuti Fashion Show

Kompas.tv - 21 April 2022, 15:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, para buruh gendong perempuan yang ada di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, mengikuti pagelaran fashion show. Berlangsung di selasar pendopo sisi timur Pasar Beringharjo para buruh gendong baik tua maupun muda ini tampil layaknya para model peragawati.

Meski ada yang terlihat tegang dan gerogi karena tanpa persiapan latihan, namun, para buruh gendong ini tetap berusaha berjalan sempurna bak model profesional berbalut busana kebaya.

“Grogi baru pertama kali, tidak ada persiapan khusus,”ujar Suwarni, buruh gendong.

Kegiatan yang digelar Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia ini sengaja melibatkan para buruh gendong perempuan, karena dipandang memiliki karakter perempuan kuat seperti sosok Kartini. Tercatat lebih dari 40 buruh gendong perempuan berusia 30 hingga 60 tahun ambil bagian dalan ajang fashion show ini.

"Kami memang sengaja memilih perayaan hari kartini ini di Pasar Beringharjo dan yang kita ajak buruh gendong. Karena kami pikir mereka itu tulang punggung di sini ya. Tapi banyak orang yang melupakan mereka, Hari Kartini identik dengan perempuan. Kami ingin mengajak mereka untuk mengingat kembali siapa itu Ibu Kartini,” kata Margareta Tinuk Suhartini, Ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia DIY.

Selain ingin kembali mengenang sosok Raden Ayu Kartini, kegiatan ini juga mengemban misi budaya mengkampayekan kebaya sebagai busana yang layak digunakan sehari-hari.

#harikartini #pasarberingharjo #radenayukartini

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x