Kompas TV regional berita daerah

Diskominfo Buleleng Lakukan Testing TV Digital

Kompas.tv - 21 April 2022, 09:12 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Dinas Komunikasi Informatika Persantian Dan Statistik - Diskominfosanti Buleleng , Bali, membentuk satu tim untuk testing tv digital. Tim ini bertugas melakukan testing dan ceking jangkauan siaran TV digital di Buleleng, Bali. Tim ini berkeliling Buleleng pada 9 kecamatan. Dengan berbekal smart tv dan antena, tim ini melakukan testing di setiap kantor camat dan desa di setiap kecamatan yang dipilih secara acak.

Pada Kecamatan  Sukasada, desa yang disasar adalah Desa Silangjana. Desa ini dipilih karena topografi wilayahnya yang berbukit. Testing tv digital dilakukan di Balai Desa Silangjana. Antena luar pun dipasang. Selanjutnya dilakukan pencarian siaran tv digital. Baru 4 siaran yang dapat diterima di wilayah Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Di desa ini, belum ada warga yang beralih ke tv digital. Sebagian besar warga menggunakan tv satelit dan tv kabel. 

Kecamatan yang menjadi blankspot tv digital di Buleleng, diantaranya Kecamatan Tejakula dan Kecamatan Gerokgak. Hal ini dikarenakan wilayah Buleleng yang hampir sepertiga Pulau Bali dengan topografi berbukit.

Penghentian siaran tv analog, Analog Swicth Off tahap satu, akan dilakukan pada tanggal 30 April 2022. 12 hari menjelang analog switch off di Bali, jangkauan siaran tv digital belum mengcover seluruh Bali, khususnya di wilayah Buleleng. Dalam ketentuannya, bahwa penyedia mux harus menyiapakan fasilitas, sehingga siarannya dapat dijangkau minimal 70 persen dari populasi yang ada di Bali.
 

 

 

 

#tvdigital #analogswitchoff #buleleng



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x