Kompas TV regional berita daerah

Tol Semarang-Batang Sudah 99 Persen Siap Untuk Arus Mudik

Kompas.tv - 20 April 2022, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Lonjakan kendaraan pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah diprediksi akan terjadi, setelah dua tahun terakhir tidak ada arus mudik akibat pandemi. Sebanyak 60.000 kendaraan diprediksi akan memasuki Tol Semarang - Batang pada puncak arus mudik yakni tanggal 28 dan 29 April 2022.

PT Jasa Marga telah menyiapkan setidaknya 21 gardu, juga melakukan mobile reader untuk mengurai kepadatan kendaraan yang akan melakukan transaksi di gardu tol. Untuk ruas jalan sendiri memang terjadi perbaikan jalan di dua titik, namun, pihak Jasamarga berjanji akan menyelesaikan proyek tersebut 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Untuk Kalikangkung 21 gardu, itu keluar masuk. Tapi nanti komposisinya konfigurasinya disesuaikan. Misalkan lalin dari arah barat ke timur banyak, maka gardu yang dibuka lebih banyak yang ke timurnya. Nanti kalo arus balik dirubah, ke arah barat yang banyak,"  ujar Prajudi, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang-Batang.

Kesiapan ini juga didukung dengan memaksimalkan CCTV Etle yang ada di sepanjang ruas Tol Semarang-Batang. Selain sebagai kamera pengawas untuk pelanggaran lalu lintas, CCTV Etle juga dapat digunakan untuk memantau jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan kendaraan yang mogok.

Seluruh petugas tol juga diminta tidak gagap dalam menghadapi skenario satu arah saat arus mudik dan balik. Seluruh sarana dan prasarana pendukung jalan tol juga sudah siap untuk melayani masyarakat.

#jalantol #mudiklebaran #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x