Kompas TV regional berita daerah

Tebing 15 Meter Longsor, Terjang Rumah Warga

Kompas.tv - 19 April 2022, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 50 meter di Dusun Plengan, Banjaroya, Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, longsor pada Senin (18/4/2022) malam. Material longsor ini langsung menerjang rumah milik Sutar yang berada di bawah tebing.

Tembok dua kamar tidur serta dapur jebol diterjang material longsor. Sejumlah perabot rumah tertimbun dan tak bisa diselamatkan. pada saat kejadian, sutar dan lima orang keluarganya tengah berada di dalam rumah, karena hujan deras mengguyur wilayah ini. 

Khawatir terjadi hal yang tak diinginkan, seluruh penghuni rumah langsung menyelamatkan diri keluar rumah. Tak berselang lama, tebing di samping rumah langsung longsor dan menghantam rumah mereka.

"Pas tembok sudah rembes istri dan anak saya masih di sini. Saya suruh bangun untuk mengungsi menyelamatkan diri. Tidak waktu lama tembok sebelah jebol," ujar Arif Sobirin, korban longsor.

Panewu Kalibawang, Hening Nurcahya, yang meninjau lokasi memberikan bantuan logistik untuk warga. Warga terdampak diminta untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Upaya evakuasi terhadap warga yang terkena dampak korban. Selanjutnya upaya-upaya pengkondisian wilayah," kata Hening.

Kondisi tanah yang labil dan rawan terjadi longsor susulan, warga terdampak sementara tinggal di rumah tetangganya yang kondisinya lebih aman. Sementara, untuk pembersihan material longsor masih menunggu datangnya alat berat dari BPBD Kulonprogo.

#kulonprogo #longsor #kalibawang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x