Kompas TV regional berita daerah

Jelang Idul Fitri, Perajin Kubah Masjid Banjir Pesanan

Kompas.tv - 18 April 2022, 12:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Perajin kubah masjid di Kabupaten Jember Jawa Timur banjir pesanan di bulan ramadan tahun ini. Pesanan meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasanya lantaran banyak masjid dan musala dipercantik untuk menyambut hari raya idul fitri.

Salah satunya perajin kubah masjid yang banjir pesanan adalah Jufriadi, warga jalan MT Haryono Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Dengan dibantu 21 orang karyawan, Jufriadi memproduksi 20 kubah per harinya selama ramadan. Padahal di hari biasa, ia hanya memproduksi 5 kubah masjid pesanan.

Baca Juga: Intip Kemegahan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri, Destinasi Wisata Religi di Depok!

Kubah yang diproduksi memiliki beragam bentuk dan ukuran. Mulai dari yang terkecil 1 meter hingga yang terbesar 20 meter. Kubah dilengkapi dekoratif unik dan cantik, bahkan ada yang dilengkapi kaligrafi. Bahan kubah dari aluminium, galvalum, galvanis, kuningan dan tembaga.

Meningkatnya pesanan kubah masjid karena banyak masjid dan musala yang dipercantik untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Pesanan datang tidak hanya dari Kota Jember, namun juga luar kota, seperti Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Banyuwangi.

Harga kubah bervariasi mulai 100 ribu rupiah hingga di atas 50 juta rupiah tergantung ukuran, hiasan, ornamen dan bentuk kubah.

 

#KubahMasjid #KubahMusala #PerajinKubah #IdulFitri #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x