Kompas TV regional berita daerah

Sate Susu, Kuliner Khas Ramadhan Di Kampung Jawa Denpasar

Kompas.tv - 18 April 2022, 11:12 WIB
Penulis : KompasTV Dewata


DENPASAR, KOMPAS TV - Salah satu kuliner khas Ramadhan yang kini banyak diburu adalah Sate Susu di Kampung Jawa, Denpasar. Warga berburu kuliner ini biasanya untuk menu berbuka puasa. Sate susu mudah  dijumpai saat bulan puasa di Pasar Ramadhan Kampung Jawa, Dusun Wanasari, Denpasar. Sate susu ini terbuat dari kantong kelenjar susu sapi.

Salah satu pedagang sate susu yang telah belasan tahun berjualan sate ini mengaku, untuk di bulan suci Ramadhan tahun ini penjualan sate susu tidak seramai tahun tahun sebelumnya. Namun, sate susu masih menjadi menu andalan di Kampung Jawa pada bulan Ramadhan. Ia mengaku dalam sehari hanya dapat menghabiskan tiga hingga empat kilo kantong susu.

Untuk membuat sate susu sangatlah mudah. Daging kantong susu yang dibeli dari pasar dicuci bersih lalu direbus. Selanjutnya, daging kantong susu dipotong, diiris kecil berbentuk dadu, potongan daging kantong susu kemudian dicampur bumbu khusus. Selanjutnya  potongan kantong daging susu ditusuk dan dibakar. Satu buah sate berisi tiga potong kecil kantong susu. Dalam penyajiannya, sate susu dibalut dengan bumbu plecing.

Selain Ibu Vira, pedagang sate susu lainya juga mengakui penjualan  sate susu bulan Ramadhan tahun ini menurun.

Setiap bulan Ramadhan tidak hanya warga Denpasar saja yang datang untuk membeli sate susu,warga dari luar Denpasar seperti Tabanan dan Gianyar juga menyempatkan diri untuk membeli sate susu yang sudah menjadi ciri khas pasar Ramadhan ini.

Sate susu di Pasar Ramadhan Kampung Jawa ini 30 ribu rupiah untuk satu porsi yang berisi 10 tusuk sate. Selain sate, aneka pilihan menu berbuka puasa juga tersedia di Pasar Ramadhan ini, mulai dari aneka jajanan manis hingga minuman segar.

 

 

 

 

 

#satesusu #ramadhan #kampungjawadenpasar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x