Kompas TV regional sosial

Jalin Toleransi Antar Umat, Pengurus Klenteng Hok An Bio Gubug Bagikan Ratusan Takjil

Kompas.tv - 16 April 2022, 02:05 WIB
jalin-toleransi-antar-umat-pengurus-klenteng-hok-an-bio-gubug-bagikan-ratusan-takjil
Pengurus Klenteng Hok An Bio Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, membagikan takjil kepada warga yang melintas di Jalan Kampung Bandar Sari, Kecamatan Gubug, Grobogan, Jumat (15/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV/RIFAI HANDOKO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Pengurus Klenteng Hok An Bio Gubug, Grobogan, Jawa Tengah membagikan takjil kepada warga yang melintas di Jalan Kampung Bandar Sari, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Pembagian takjil ini untuk membina kerukunan antar umat beragama, terlebih lagi bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Pengurus Klenteng Hok An Bio, Sintono, mengatakan pembagian takjil ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat bulan Ramadan.

Baca Juga: Polisi Dan Mahasiswa Saling Berbagi Takjil Buka Puasa

Namun saat bulan Ramadan dua tahun lalu, kegiatan sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Menurut Sintono, total takjil yang dibagikan kepada warga di depan Klenteng Hok An Bio sebanyak 500 buah.

Ratusan bungkusan takjil yang dibagikan ini hasil dari iuran sukarela pengurus, umat Budha dan Konghucu serta para dermawan dari lintas agama.

"Seluruh umat membantu, bahkan dari Kesbangpol (Pemkab Grobogan) ikut membantu es buah sebanyak 150 gelas, sehingga pembagian kita agak meriah kali ini," ujarnya Sintono saat ditemui reporter KOMPAS TV Rifai Handoko di tengah kegiatan, Jumat (15/4/2022). 

Baca Juga: Cerita Umat Kristen di Palestina Berbagi Takjil untuk Buka Puasa

Di kesempatan yang sama Kepala Kesbangpolinmas Pemkab Grobogan, Daru Wisakti, mengapresiasi kegiatan pembagian takjil yang digelar pengurus Klenteng Hok An Bio.

Menurutnya, kegiatan ini wujud dari solidaritas dan toleransi antar umat beragama. 

"Kegiatan ini patut kita dukung, kita lestarikan, rawat. Ke depan Kampung Bandar Sari ini akan menjadi sebuah kampung bhineka yang menjadi percontohan bagi kampung lain di Kabupaten Grobogan," ujar Daru.

Baca Juga: Ngabuburit Bermanfaat, Sampah Kering Dapat Ditukar dengan Takjil!

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x